Selain berasal dari khayalan belaka, ada juga lo film-film yang berasal dari kisah nyata. Kayak film-film Korea berjudul The Chaser, Silenced, Cart, As One, Way Back Home, dan Case of Itaewon Homicide ini misalnya.

The Chaser (2008)

the-chaser

Film thriller Korea yang ngehits ini punya karakter utama yang ternyata berdasarkan tokoh nyata lo! Yaitu seorang pembunuh berantai yang memakai palu saat membunuh korban-korbannya, para wanita. Duh serem ya! Tapi tenang, sekarang doi udah tertangkap polisi kok.

Silenced (2011)

silenced

Film ini menceritakan kisah nyata dari sebuah sekolah tuna rungu yang beberapa muridnya menerima kekerasan selama beberapa tahun. Sampai akhirnya hal itu diusut oleh seorang guru baru. Kisah mereka awalnya dibukukan, sebelum akhirnya difilmkan atas rekomendasi dari Gong Yoo, yang juga berperan sebagai tokoh utama di film ini.

Cart (2014)

cart

Pada bulan Juli 2007, sebuah department store besar yang dimiliki oleh seorang konglomerat, memecat sebagian besar pegawainya yang kebanyakan perempuan untuk diganti dengan pegawai outsourcing. Hal itu dilakukannya untuk menghindari hukum baru yang menyatakan jika pegawai kontrak akan diangkat menjadi pegawai tetap setelah jangka waktu tertentu.

As One (2012)

as one

Pada Kejuaraan Tennis Meja Dunia pada tahun 1991 di Chiba, Jepang, atlit dari Korea Selatan dan Korea Utara bergabung untuk merebutkan gelar juara di sana. Seperti yang kita tahu, dua Negara tersebut sedang penuh konflik, jadi cukup susah untuk membuat kekompakan antar keduanya. Tapi akhirnya, mereka mampu kok mengatasi hal tersebut dan keluar sebagai juara!

Way Back Home (2013)

way back home

Kisah nyata dari film ini terjadi pada tahun 2004. Seorang ibu rumah tangga yang terjebak dalam transaksi narkoba dan membuatnya dipenjara di Perancis. Kisahnya saat berjuang untuk kembali ke Korea benar-benar menguras air mata~

The Case of Itaewon Homicide (2009)

Case of Itaewon Homicide

The Case of Itaewon Homicide atau yang juga diketahui berjudul Where the Truth Lies ini terinpirasi dari tragedi pembunuhan nyata yang menimpa seorang mahasiswa. Dia ditusuk hingga meninggal saat berada di toilet restaurant Burger King di Itaewon, Seoul, pada tahun 1997. Karena bukti-bukti yang kurang kuat dan kesalahan jaksa, membuat dua tersangka akhirnya dibebaskan dari tuntutan.

Film yang mana aja nih yang udah kamu tonton?

Sumber: dramafever