Kalau di Indonesia ada yang namanya pocong, kuntilanak, genderuwo, atau tuyul, Korea pun juga punya hantu-hantu khas-nya yang nggak kalah nyeremin!

Mitologi supernatural Korea berasal dari seolhwa (cerita). Seolhwa dapat dibagi menjadi tiga macam: shinhwa (mitos), cheonsol (legenda) dan mindam (cerita rakyat). Nah, kisah-kisah yang berhubungan dengan hantu atau makhluk halus termasuk dalam shinhwa dan mindam. Dan berikut ini, ada 6 jenis hantu yang paling terkenal di Korea. Yuk kepoin!

Baca juga: Ternyata 7 Idol Ini Pernah Nggak Sengaja Foto dengan Hantu. Serem!

Cheonyeo Gwishin (Hantu Perawan)

hantu korea 1

Cheonyeo gwishin biasanya memakai hanbok putih bernama sobok, pakaian yang dipakainya ketika meninggal, dengan rambut hitam terurai di wajahnya. Biasanya mereka gentayangan di sekitar keluarga dan orang-orang yang dikenalnya semasa hidup, dengan harapan agar mereka melakukan ‘pernikahan hantu’ untuknya dengan bantuan paranormal. Pasangan dari cheonyeo gwishin ini disebut chonggak gwishin (hantu perjaka).

Mul Gwishin (Hantu Air)

hantu korea 2

Hantu air ini biasanya muncul di danau, laut, bahkan kamar mandi, dengan penampilannya yang selalu basah, pucat, dan bertangan panjang. Mereka biasanya berasal dari manusia yang meninggal dengan cara tenggelam, bisa karena kecelakaan, dibunuh, atau bunuh diri. Mul Gwishin suka “iseng” dengan menarik orang yang sedang berenang agar tenggelam dan kemudian bisa menemaninya di dalam air.

Dalgyal Gwishin (Hantu Muka Rata)

hantu korea 3

Hantu muka rata atau hantu telur ini biasanya ada di gunung. Mereka disebut demikian karena nggak memiliki mata, hidung, mulut di wajahnya, polosan gitu. Bahkan ada juga yang nggak punya tangan dan kaki. Katanya mereka ini paling nyeremin di antara hantu lainnya lo, karena hanya dengan melihatnya aja orang bisa langsung meninggal. Omona!

Jeoseung Saja

hantu korea 4

Jeoseung Saja adalah pencabut nyawa versi Korea, muncul hanya pada seseorang yang akan segera bertemu ajalnya. Tempat “nongkrong”nya sih biasanya di rumah sakit, di sekitar orang sakit, atau lokasi-lokasi yang sering terjadi kecelakaan. Secara penampilan, Joseung Saja memiliki kulit yang pucat dan selalu memakai pakaian tradisional Korea berwarna hitam dan juga bertopi hitam.

Jeosung Saja bekerja di bawah perintah Raja Yeomna, sang raja neraka. Tugasnya adalah membimbing jiwa-jiwa yang baru untuk melewati jalan Hwangcheon, jalan yang mengarah ke alam baka. Katanya sih kalau seseorang memimpikan Jeoseun Saja itu artinya orang tersebut nggak lama lagi akan meninggal!

Gumiho (Siluman Rubah Berekor 9)

hantu korea 5

Makhluk yang katanya telah hidup selama 1000 tahun ini biasanya berwujud wanita cantik, tapi kadang juga berwujud dengan wajah seperti rubah dan menunjukkan 9 ekornya. Gumiho diganmbarkan sebagai sosok yang jahat yang suka memakan daging dan organ manusia. Mereka berubah jadi cantik untuk merayu pria-pria yang akan dijadikannya sebagai mangsa.

Tapi setelah munculnya drama Korea ‘My Girlfriend is Gumiho’ tahun 2010 lalu, image dari sosok Gumiho yang berubah karena di situ ia digambarkan sebagai sosok yang memiliki sisi baik. Udah pada nonton kan dramanya?

Dokkaebi (Goblin)

hantu korea 6

Dokkaebi punya penggambaran yang berbeda-beda, tapi secara umum mereka berwujud seperti goblin, dengan tanduk dan wajah yang menyeramkan. Mereka biasanya tinggal di pohon-pohon besar, kuburan, dan rumah kosong. Dokkaebi adalah makhluk yang nakal karena suka mencuri dan menipu. Hmm, kurang lebih mungkin kayak tuyul yaa.

Menurut kamu, makhluk halus khas Korea yang mana sih yang kayaknya paling nyeremin? Ada lagi nggak hantu yang kamu tahu selain yang udah Mimin sebutin di atas? Share jawaban kamu yaa ~

Baca juga: Rekomendasi Film-film Horror Korea yang Gak Boleh Dilewatin 

Sumber: seoulsyncmyseoulsearching

BAGIKAN
Nadia Aprilia
Nadia atau lebih akrab disapa Nanod ini cuma bisa mimpi buat debut jadi idol di Korea dengan nama panggung 송나나. Suka nyampah di @nanod_ soal hal-hal gak penting dan berbau k-pop.