Udah bukan hal yang aneh lagi jika sebuah grup Kpop memiliki sub-unit. FYI, sub-unit adalah grup yang beranggotakan beberapa member dari grup inti yang berjumlah minimal 2 orang. Ya kalo satu doang kan namanya solo. Kekekekek.

Ngomong-ngomong soal grup sub-unit, beberapa di antaranya pernah merilis karya yang nggak kalah keren dan ngehits dari grup intinya loh! Di antaranya ada 10 lagu yang bakal Mimin bagiin di bawah ini nih ~

TaTiSeo – Twinkle

Twinkle adalah lagu debut dari sub-unit SNSD yang beranggotakan Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun. Selain lagu dan dance-nya yang nagih banget, dalam MV Twinkle juga ada beberapa member EXO-nya loh!

SEVENTEEN Performance Unit – Highlight

Performance Unit dari Seventeen yang beranggotakan Dino, Hoshi, Jun dan The8 ini pernah merilis lagu karya yang ditulis oleh mereka berempat dan di-compose oleh Hoshi. Lagunya asik dan koreonya keren banget nih!

INFINITE H – Without U (feat. Zion.T)

Sub-unit Infinite yang beraliran HipHop ini nggak pernah gagal manjain telinga para Inspirit. Apalagi pas mereka featuring dengan solois bersuara unik, Zion.T!

Trouble Maker – Trouble Maker

Hyunseung ex-BEASTdan Hyuna ex-4Minute dulu pernah membuat sub unit bernama Trouble Maker dan berhasil menjadi sorotan dengan single debut mereka yang berjudul Trouble Maker juga. Kira-kira mereka bakal comeback lagi nggak ya?

EXO-CBX – Hey Mama

Chen, Baekhyun dan Xiumin menjadi sub-unit pertama EXO dengan mengusung tema lagu yang bikin joged abis. Jadi nggak sabar nunggu mereka comeback lagi nih ~

GD & T.O.P – Zutter

Meski sejak awal duo rapper dari BIGBANG ini selalu merilis karyanya, tapi karya terbaru mereka dalam album MADE ini yang paling nggak bisa dilupain. $WAG abisss!

BLOCK B BASTARZ – Make It Rain

Lagu yang dirilis tahun 2016 lalu oleh sub-unit yang beranggotakan U-Kwon, P.O dan B-Bomb BLOCK B ini terbilang cukup underrated, padahal keren banget loh!

Orange Caramel – Catallena

Salah satu sub-unit grup Kpop yang fenomenal nih! Ketiga member After School ini tampil super unik dalam MV Catallena. Tonton sendiri kalo nggak percaya ~

SISTAR19 – Ma Boy

Cowok-cowok pasti udah nonton deh MV dari sub-unit SISTAR yang satu ini. Hyorin dan Bora emang seksi banget ya! Dance-nya itu loh yang memorable banget ~

AOA Cream – I’m Jelly Baby

Selain ada AOA Black dan AOA White, AOA juga punya sub-unit lain yang cheerful abis yaitu AOA Cream yang beranggotakan Yuna, Chanmi dan Hyejeong. Lagunya pun juga unyu bingits ~

Nah kalau sub-unit grup favoritmu apa nih chingu?

BAGIKAN
Nadia Aprilia
Sedang meniti karier sebagai idol abal-abal dengan nama panggung 송나나 dan mencoba berdedikasi di dunia Kpop dengan mencintai Winner sepenuh hati.