Sabtu, Juli 2, 2022
Geomedia - JFK 2022

Latest Posts

18 Lagu Hits K-pop Tentang Emansipasi Wanita, Pas Menutup Women’s History Month (Part 1)

Lagu-lagu K-pop tidak saja berbicara mengenai cinta, persahabatan, atau lainnya. Sederet lagu hits K-pop tentang emansipasi wanita pun semakin sering dirilis. Tembang tersebut yang akan cocok untuk menutup Women’s History Month.

Women’s History Month dirayakan pada bulan Maret setiap tahunnya. Bulan ini menjadi salah satu pertanda emansipasi wanita di seluruh dunia. Pembebasan para wanita dari berbagai hal yang pernah terjadi sejak berdekade-dekade lalu.

Berikut ini merupakan bagian pertama dari lagu hits K-pop tentang emansipasi wanita yang akan sempurna untuk menutup Women’s History Month bulan ini. Langsung saja masukan dalam playlist kalian ya!

1. (G)I-DLE – “TOMBOY”

(G)I-DLE membuktikan mereka bukan girl group biasa. Lagu dengan genre grunge rock pop ini menghadirkan narasi mengenai pembebasan diri. Lebih tepatnya bagaimana mereka bertekad membebaskan diri dari ekspektasi orang lain. Termasuk juga membebaskan diri dari sosok ideal  “blonde Barbie doll” yang seakan dipaksakan kepada mereka.

2. TWICE – “GIRLS LIKE US”

Salah satu bentuk emansipasi mungkin bagaimana para wanita saat ini dapat bebas berusaha menggapai mimpi. Jihyo menuliskan “GIRLS LIKE US” sebagai catatan untuk masa-masa ketika dia masih menjadi trainee.

Kerja keras untuk menggapai mimpi, upaya dan semangat demi mencapai impian menjadi garis besar dari lagu upbeat ini. “Oh girls, do what you want. You’re going the right way,” menjadi cuplikan lirik di chorus yang jelas menjadikan lagu ini cocok untuk Women’s History Month.

3. ‘MAMAMOO’ Hwasa – “Maria”

Hwasa bisa dikatakan sebagai ikon emansipasi untuk para idol wanita. Tidak saja idol sekaligus soloist ini secara konsisten menunjukan sikap percaya diri dan teguh kepada pendiriannya. Ia juga tidak mengikuti standar kecantikan yang seakan “dipaksakan” kepada para idol wanita lain.

“Maria” menjadi salah satu lagu dari Hwasa yang menggambarkan bagaimana seorang wanita dapat membebaskan diri mereka. Kali ini, pembebasan diri dari standar, kebencian, dan juga ekspektasi orang lain. “Why are you trying so hard? You’re already beautiful” merupakan salah satu quote apik dari lagu satu ini.

4. EVERGLOW – “Adios”

EVERGLOW juga menjadi salah satu girl group dengan lagu-lagu mengenai emansipasi wanita. Mereka menarikan tentang pembebasan diri, cinta kepada diri sendiri, hingga rasa percaya diri melalui lagu-lagu apik mereka. “Adios” merupakan salah satunya.

Hits dengan irama EDM tersebut menarasikan bagaimana EVERGLOW tidak akan ragu meninggalkan sebuah hubungan cinta. Bila hubungan tersebut dirasa tidak memberikan keuntungan untuk diri mereka sendiri. Sebuah bentuk cinta kepada diri sendiri secara positif, bukan?

5. GFRIEND – “MAGO”

Walau sudah bubar, lagu-lagu GFRIEND tetap layak dikenang. “MAGO” memiliki arti “magician” dalam bahasa Spanyol. Kata ini juga bisa diartikan sebagai Dewi, yang sangat cocok dengan tema lagu tersebut sendiri.

“Go on and judge me now, I won’t ever waver,” nyanyi GFRIEND sembari membayangkan kebebasan mereka. Bebas layaknya seorang penyihir yang menari-nari dan terbang di langit malam. Lagu hits K-pop tentang emansipasi wanita ini mengusung irama disko dengan sentuhan EDM apik. Hits yang tentu saja harus ada dalam playlist kalian!

6. HyunA – “GOOD GIRL”

HyunA bertanya-tanya mengapa banyak orang berekspektasi ia untuk menjadi gadis baik-baik. Walaupun ia jelas sekali, bukanlah seorang good girl. What’s so bad about acting like myself?” nyanyinya dalam lagu ini.

“GOOD GIRL” merupakan lagu sempurna untuk menggambarkan emansipasi wanita. Bagaimana seorang wanita diharapkan untuk menjadi sosok baik-baik yang memenuhi semua standar yang ditentukan para pria. HyunA melalui lagu ini, memastikan ia bukanlah wanita seperti itu.

Penasaran dengan lagu-lagu emansipasi lain? ikuti daftar ini di bagian-bagian selanjutnya di part dua dan tiga.

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss