OUR NETWORK

9 Grup Kpop Ikonik yang Debut di Tahun 2009 (Part 3)

MBLAQ

Member: Seungho, G.O, Mir; (Mantan: Lee Joon, Thunder)

Tanggal Debut: 15 Oktober

Debut Single: “Oh Yeah”

Label: J. Tune Camp

Status: Belum resmi dibubarkan

MBLAQ meraih minat publik yang signifikan selama debut mereka karena dibentuk oleh Rain dan bahkan membuat penampilan pertama mereka dengan tampil bersama Rain dalam konsernya pada Oktober 2009. Lagu-lagu dari album single debut mereka “Just BLAQ” diterima dengan baik, dan banyak yang memuji kemampuan kinerja mereka .

Rilisan grup ini sering diterima dengan sangat baik di tangga lagu Gaon (empat dari delapan EP mereka mencapai No. 1), dan mereka mempertahankan popularitas yang stabil dengan “Y,” “Cry,” dan “This Is War” yang menjadikan mereka jadi lebih hits. Mereka juga meraih berbagai penghargaan, termasuk Bonsang di Golden Disk Awards ke-26, dan Idol Music Daesang di Koreaan Cultural Entertainment Awards ke-19.

Pada bulan Desember 2014, Joon dan Thunder mengumumkan keluar dari grup, yang berarti MBLAQ akan berpromosi dengan tiga member sejak saat itu. Setelah perpecahan, ketiganya merilis EP kedelapan (dan terakhir) mereka, “Mirror.” Sejak saat itu, MBLAQ memasuki masa hiatus dan para member melakukan aktifitas di bidang lain. Meskipun belum ada pengumuman resmi tentang pembubaran, label mereka J.Tune Camp pada dasarnya dibubarkan, dan semua member telah pindah ke agensi lain.

BEAST (Highlight)

Member: Yoon Doojoon, Yong Junhyung, Yang Yoseob, Lee Gikwang, Son Dongwoon; (Mantan: Jang Hyunseung)

Tanggal debut: 16 Oktober

Debut single: “Bad Girl”

Label: Cube Entertainment

Status: Saat ini promosi sebagai Highlight

Debut BEAST sebagai grup pernah dipandang rendah karena ditolak oleh agensi-agensi lain. Namun, fanbase mereka yang berkembang pesat membuktikan haters mereka salah, dan BEAST bahkan dianugerahi Best New Comer Awards di Seoul Music Awards ke-19 pada tahun 2010. Lagu utama album itu, “Fiction,” juga memenangkan Song of the Year di Festival Musik KBS 2011. BEAST juga telah memenangkan penghargaan Artist of the Year di Melon Music Awards 2011 dan 2012, dan penghargaan Record of the Year di Seoul Music Awards 2015 (untuk “12:30”).

Pada tahun 2016, Cube Entertainment mengkonfirmasi keluarnya Hyunseung dari BEAST, dan grup tersebut akan berlanjut dengan lima member tersisa. Mereka kemudian merilis album studio ketiga mereka, “Highlight,” dengan nama “BEAST” untuk terakhir kalinya.

Setelah memutuskan untuk meninggalkan Cube Entertainment pada akhir 2016, mereka mendirikan label mereka sendiri, Around Us Entertainment, tapi sayangnya mereka nggak dapat memperoleh hak atas nama BEAST, yang telah mebjadi merek dagang oleh label lama mereka. Mereka kemudian menamai diri mereka “Highlight” dan memulai perjalanan baru.

Rainbow

Member: Woori, Seungah, Jaekyung, Noeul, Yoonhye, Jisook, Hyunyoung

Tanggal debut: 12 November

Debut single: “Gossip Girl”

Label: DSP Media

Status: Secara resmi dibubarkan pada 2016

Rainbow memulai debutnya pada tahun 2009 dan menarik minat karena berasal dari perusahaan yang sama dari salah satu girl grup terpanas saat itu, KARA. Mereka memulai debutnya dengan “Gossip Girl,” tapi mereka berhasil mengumpulkan lebih banyak perhatian lewat lagu “A” yang dirilis di tahun berikutnya..

Pada 2016, dipastikan bahwa semua member Rainbow memilih untuk nggak memperpanjang kontrak mereka dengan DSP Media, dan dengan demikian mereka bubar dan berpisah.

Sumber: (1)

Baca juga: Nggak Terasa, Lagu-Lagu Kpop Hits Ini Udah Berusia 10 Tahun!

Comments

Loading...