OUR NETWORK
Rabu, Juli 17, 2019
OUR NETWORK

Film Claire’s Camera: Antara Cinta, Kerja, Orang Asing, dan Kamera

foto via hancinema.net

Masalah hidup yang berat itu bisa berawal dari hal sangat sepele. Tapi terkadang, penyelesainnya juga bisa dari hal yang remeh juga. Tak disangka-sangka, sesuatu yang bikin kamu pusing setengah mati bisa ditemukan solusinya dari sebuah kamera milik orang asing. Seperti yang ada dil film Claire’s Camera.

Film Claire’s Camera ini adalah salah satu karya bikinan sutradara Hong Sang Soo yang dirilis di Cannes pada 2017 yang lalu. Berdurasi hanya 60 menitan, film yang menggaet aktris Perancis sebagai salah satu cast-nya ini punya nilai moral yang cukup mendalam.

Kim Min Hee sebagai Man Hee

foto via hancinema.net

Isabelle Huppert sebagai Claire

foto via hancinema.net

Jung Jin Young sebagai So Wan Soo

foto via hancinema.net

Man Hee adalah salah satu karyawan kesayangan dari bosnya yang berambut pendek. Taka da hujan dan angina, tiba-tiba Man Hee dipecat tanpa alasan yang jelas saat mereka ada di Perancis. Bosnya hanya bilang bahwa Man Hee sudah nggak lagi jujur pada dirinya. Sudah sampai situ saja. Padahal, tidak lama lagi Man Hee dan bosnya itu akan kembali pulang ke Seoul.

foto via hancinema.net

Sambil menunggu jadwal pulangnya, Man Hee menghabiskan banyak waktu di pantai dan kafe. Saat melamun di pantai, dia bertemu seorang wanita bule paruh baya bernama Claire. Dia meminta izin untuk mengambl foto dirinya dengan kamera polaroidnya.

foto via hancinema.net

Beberapa kali bertemu, Claire dan Manhee pun menghabiskan waktu bersama. Mereka saling bercerita mengenai kisah pribadi masing-masing. Termasuk tentang Manhee yang sekarang jobless.

foto via hancinema.net

Saat asik bercerita dan melihat foto yang diambil oleh Claire, dia melihat foto dari So Wan Soo. Dia adalah seorang sutradara yang pernah menghabiskan malam bersama Manhee. Tak disangka-sangka, Claire bercerita bahwa dia juga bertemu wanita berambut pendek yang sepertinya cinta dengan sutradara ini.

foto via hancinema.net

Dari foto yang berasal dari kamera polaroid-nya Claire ini, Manhee menemukan jawaban atas alasan mengapa dia dipecat mendadak. Ternyata sutradara So yang pernah bersamanya itu adalah pria yang disukai oleh bosnya.

foto via hancinema.net

Lucu ya, dari benda sepele yang dianggap tidak terlalu spesial, ternyata bisa membawa berkah bagi orang lain. Dari kamera polaroid milik Claire, ada orang lain yang akhirnya menemukan jawaban dari pertanyaannya selama ini. Foto.

Mungkin kamu juga bisa menemukan solusi dari masalah yang kamu hadapai sekarang melalui benda sederhana yang ada di sekitarmu. Entah itu kamera, handphone, atau benda-benda kecil lainnya yang sering kamu abaikan, guys.

Comments