OUR NETWORK
Minggu, Desember 8, 2019
OUR NETWORK

Hal-hal yang Membuat “Doctor John” Berbeda dengan K-Drama Medis Lainnya

foto via soompi

Drama terbaru Jumat-Sabtu SBS “Doctor John” adalah drama medis pertama Korea yang berfokus ke dalam kehidupan para ahli anestesi dan bagaimana mereka menemukan penyebab yang tak diketahui untuk rasa sakit pasien mereka yang sakit parah. Drama ini dibintangi oleh Ji Sung, Lee Se Young, Lee Kyu Hyung, Kim Hye Eun, Shin Dong Mi, Uhm Hyo Sup, dan Oh Seung Hyun.

Berikut adalah alasan mengapa “Doctor John” berbeda dari drama-drama medis lainnya!

Analisisnya tentang eutanasia

“Doctor John” adalah drama Korea pertama yang menyentuh “kematian dengan bermartabat,” atau dikenal sebagai eutanasia. Sepanjang perawatan, jika dua dokter pernah menganggap pasien tidak dapat pulih atau sakit parah, mereka atau anggota keluarga mereka dapat memutuskan kematian alami. Apakah itu berarti mengeluarkan resusitasi, menghentikan kemoterapi atau hemodialisis, atau gagal melakukan CPR (Cardiopulmonary Resuscitation), yang mana itu berarti hanya menyediakan kebutuhan air, nutrisi, dan udara kepada pasien sebelum mereka mati atas kemauan sendiri.

Namun, standar atau dasar yang diputuskan ini tidak jelas dan karenanya menyajikan kasus yang sangat terpecah dalam dunia medis. Juga, istilah “pasien” telah tumbuh dalam definisi untuk mewakili berbagai kasus yang lebih luas, menambah kisaran yang tidak ditentukan ini. “Dokter John” akan memungkinkan representasi yang lebih dalam dari konflik yang muncul dengan topik ini dan menginspirasi pemikiran dan diskusi tentang hak seseorang untuk memutuskan akhir hidup mereka.

Fokus mereka pada anestesiologi

Meskipun sebuah drama medis, “Doctor John” menceritakan kisah ahli anestesi, atau dokter pereda nyeri, alih-alih dokter atau ahli bedah darurat yang tipikal. Setiap episode akan menunjukkan pasien sebagai korban, dan dokter sebagai detektif dalam menemukan penyebab rasa sakit kronis yang diderita oleh seorang pasien yang menderita penyakit mematikan.

Sama seperti perburuan untuk menemukan tersangka atau penjahat, misteri ini bertujuan untuk sensasi dan kegugupan yang sama. Setiap orang telah mengalami rasa sakit fisik, mental, dan emosional, cukup untuk mengatakan bahwa sejarah kemanusiaan adalah sejarah rasa sakit. Namun, “Doctor John” tidak akan fokus pada rasa sakit yang biasa, tapi pada rasa sakit yang mengikuti seseorang tanpa peduli seberapa keras ia berusaha untuk menghindarinya.

Seorang produser dari drama tersebut berbagi, “Melalui teknologi kedokteran dan obat-obatan yang dikembangkan masyarakat kita yang luar biasa, ‘Doctor John’ mengisahkan kisah tentang bagaimana hidup dan mati tidak begitu khas dan jelas saat ini. Seorang dokter adalah seseorang yang menyelamatkan hidup, menyembuhkan pasien, dan membuat orang merasa lebih baik, tapi juga seseorang yang mencoba yang terbaik bahkan jika mereka tidak dapat menyelamatkan nyawa, menyembuhkan pasien, atau membuat rasa sakit hilang. Kami akan menyapa pemirsa dengan pesan yang bermakna bahwa bagaimana Anda mati pasti akan berkorelasi dengan bagaimana Anda hidup. ”

“Doctor John” tayang perdana pada 19 Juli pukul 10 malam KST.

Sumber: (1)

Comments

Loading...