Kamis, Agustus 18, 2022

Latest Posts

Ingin Jadi KPOP Idol? Simak 4 Tips Lolos Audisi dari Trainer Profesional

Memiliki impian menjadi seorang K-Pop idol? Jangan berkecil hati dulu. Idol trainer profesional ini memberikan 4 tips penting agar kamu bisa lolos audisi.

Audisi merupakan bagian penting untuk menjadi seorang K-Pop idol. Meski beberapa idol mengaku direkrut melalui street casting. Banyak dari mereka yang harus menjalani audisi lebih dulu di agensi.

Sebagian besar agensi hiburan Korea Selatan dalam beberapa tahun terakhir menggelar audisi secara global. Bahkan juga di Indonesia.

foto via koreaboo

Nah, bila kamu juga berharap menjadi KPOP idol, kanal Youtube Ayo mengundang idol trainer profesional untuk memberikan tips lolos audisi. Ayo mengundang Lee Yoon Ji, vokalis group PLAYBACK dari Coridel Entertainment dan Kim Se Yeon yang melatih vokal selama 10 tahun terakhir.

Berikut ini 4 tips yang dibagikan oleh keduanya.

  1. Tunjukan Kemampuan Terbaik

Tahu tidak bahwa dalam audisinya, J-Hope dari BTS menari selama 3 jam? Menunjukkan kemampuan terbaik dan rela go for an extra miles memberi poin tersendiri.

 

Kim Se Yeon menanggapi cerita netizen Ayo mengenai pengalaman audisi ‘BTS’ J-Hope. Ia mengatakan bahwa ketika sudah melakukan kemampuan yang terbaik, kamu bisa dianggap sebagai pemenang. “You win because you’re a winner,” ujarnya.

Jadi lain kali saat melakukan audisi, persiapkan mental yang kuat untuk menunjukan kemampuan terbaik seperti yang dilakukan J-Hope ya!

2. Jangan Ragu Keluar dari Zona Nyaman

Ketika memutuskan untuk mengikuti audisi, sebaiknya memang sudah mempersiapkan diri untuk keluar dari zona nyaman. Kim Se Yeon mengungkap agensi kerap kali meminta peserta untuk melakukan hal-hal tertentu. Termasuk menyanyikan lagu yang mungkin kamu tidak tahu.

foto via koreaboo

Tidak itu saja, agensi mungkin juga akan meminta kamu untuk menari, mencoba rap, model, sampai akting. Ini dilakukan demi melihat potensi apa yang kamu miliki.

“Di situasi tersebut, kebanyakan akan merasa malu dan berkata ‘aku tidak dapat melakukan itu,’” ungkap Kim Se Yeon, “Namun mereka yang lolos audisi justru berbeda. Meski tidak tahu bagaimana melakukan hal-hal tersebut, mereka akan berkata, ‘akan aku coba.’”

Sikap mau mencoba dan tidak terpaku pada zona nyaman— hanya melakukan hal-hal yang dirasa diketahui, inilah yang rupanya dapat menarik perhatian agensi saat audisi.

3. Nyanyikan Lagu-lagu KPOP Terkenal

Ada beberapa alasan tertentu rupanya mengapa saat audisi menjadi KPOP idol sebaiknya membawakan lagu-lagu KPOP terkenal.

Tidak saja lagu tersebut familiar bagi agen di audisi. Melainkan juga karena lagu-lagu KPOP terkenal seringnya memiliki irama dan ritme tertentu. Sehingga penilaian akan sense of rhythm menjadi lebih baik.

Idol trainer yang sudah 10 tahun melatih vokal ini menjelaskan, “Akan lebih baik bila kamu bisa menyanyikan lagu-lagu idol dengan baik.”

 

“Pertama yang harus dilakukan ialah menyanyi lagu idol (KPOP) dengan baik ketimbang ballad,” lanjutnya, “Banyak lagu-lagu idol yang berirama sehingga akan bagus bila kamu bisa menunjukan sense of rhythm.”

Lagu-lagu KPOP populer yang disarankan dinyanyikan saat audisi seperti “Rain” dari Taeyeon dan “Downpour” milik I.O.I.

“Banyak yang berpikir agensi akan bosan bila kamu menyanyikan lagu yang terlalu terkenal. Ini tidak benar. Kamu hanya harus menyanyikan yang benar-benar kamu bisa dengan baik.”

4. Persiapkan Kemampuan Public Speaking

Terakhir, public speaking. Kemampuan berbicara di depan umum, terutama di depan kamera sangat penting sebagai idol. Pada tahapan akhir audisi, agensi akan meminta untuk melakukan tes kamera. Sekaligus mengajukan beberapa pertanyaan.

“Sering kali saat mereka merasa sudah menemukan seseorang, mereka akan melakukan tes kamera dan mengajukan beberapa pertanyaan,” jelasnya.

Saat final audisi inilah kemampuan public speaking diperlukan, ketika agensi mulai memberikan beberapa pertanyaan untuk dijawab di depan kamera. Sang professional trainer menyarankan untuk membicarakan tentang musik favorit, penyanyi atau role model, dan juga tentang impian ketika diminta melakukan pengenalan.

Bagian ini penting dilakukan dengan natural sekaligus percaya diri.

Setelah tips di atas, sudah siap ikut audisi untuk menjadi KPOP idol?

Video lengkapnya bisa kamu tonton disini ya!

Sumber: Koreaboo

Latest Posts

Don't Miss