Kamis, April 18, 2024

Latest Posts

10 K-drama Berdasarkan Kisah Nyata – Mulai Dari Kisah Cinta Hingga Tragedi Pembunuhan! (Part 2)

K-drama berdasarkan kisah nyata memang memiliki daya tarik tersendiri. Penonton bukan hanya sekedar dibuat penasaran dengan plot, alur, maupun para pemerannya. Melainkan juga fakta atau bahkan kemiripan dari cerita yang diangkat.

Kisah nyata yang diangkat menjadi serial drama pun beragam. Mulai dari tentang tokoh-tokoh ternama maupun bersejarah. Hingga suatu kejadian hingga tragedi yang mengundang perhatian.

Melanjutkan daftar sebelumnya, di bawah ini merupakan deretan K-drama berdasarkan kisah nyata yang paling wajib untuk ditonton.

6. “Hwarang”

Serial drama satu ini sudah tentu tidak asing lagi bagi penggemar dramaland. K-drama berdasarkan kisah nyata ini mengangkat cerita mengenai Hwarang atau flower knights. Julukan tersebut diberikan kepada sekelompok anak muda di masa kerajaan Silla di abad ke-10. Mereka dikenal sebagai sosok tampan, pintar, dan berasal dari keluarga nigrat.

“Hwarang” menggambarkan para ksatria muda tersebut dengan berbagai ambisi, cita-cita dan karakter masing-masing. Meski penokohan di drama ini adalah karakter fiksi, namun julukan hingga segala mengenai kelompok hwarang diangkat dari kisah nyata.

7. “Signal”

“Signal” merupakan serial drama kriminal yang menggabungkan unsur fantasi dan supernatural. Drama ini menceritakan mengenai seorang profiler Park Hae Young (Lee Je Hoon) yang mampu berkomunikasi dengan seorang detektif di masa lalu, Lee Jae Han (Jo Jin Woong). Keduanya bersama-sama mengungkap kasus-kasus kriminal yang belum terpecahkan.

Beberapa kasus kriminal yang diangkat dalam “Signal” berdasarkan dari kisah nyata. Diantaranya penculikan Park Chorong Bitnari di tahun 1997 di Provinsi Gyeonggi dan pembunuhan berantai Hwaseong yang terjadi di tahun 1986 hingga 1994. Kedua kasus ini belum terpecahkan selama bertahun-tahun.

Tim produksi “Signal” mengungkap kasus-kasus tersebut disertakan dalam drama ini demi menghormati para korban. Serta agar publik tidak melupakan kasus yang belum terpecahkan tersebut.

8. “Taxi Driver”

Seperti “Signal”, “Taxi Driver” juga menghadirkan beberapa kasus kriminal yang terinspirasi dari kisah nyata. Serial drama yang mengikuti kisah balas dendam Kim Do Gi (Lee Je Hoon) kepada para kriminal ini menghadirkan beberapa cerita kriminal berbeda setiap episodenya.

Salah satunya kasus Cho Doo Soon, seorang penjahat kriminal yang dibebaskan dari penjara dan mendulang berbagai reaksi negatif dari masyarakat. Drama ini juga menyoroti kasus penjualan orang-orang difabel yang terjadi di Purple Island, Provinsi Jeolla.

9. “Hymn of Death”

“Hymn of Death” merupakan salah satu K-drama berdasarkan kisah nyata yang cukup kontroversial. Serial ini menceritakan mengenai Yoon Shim Deok (Shin Hye Sun) seorang murid sekolah musik dengan seorang penulis naskah yang sudah menikah, Kim Woo Jin (Lee Jong Suk).

Kisah cinta mereka penuh dengan kepedihan. Terlebih ketika Shim Deok berhasil menjadi seorang penyanyi soprano ternama. Kisah cinta terlarangnya dengan Woo Jin mendapat berbagai reaksi berbeda dari publik.

Cerita tentang Yoon Shim Deok dan Kim Woo Jin merupakan kisah nyata yang diangkat dari penyanyi soprano wanita pertama di Korea Selatan dengan seorang kritikus. Shim Deok meninggalkan sebuah rekaman dengan judul “Eulogy of Death” yang menjadi saksi cinta mereka. Rekaman tersebut sendiri sudah diadaptasi menjadi berbagai serial, film, hingga musikal berbeda.

10. “Move to Heaven”

“Move to Heaven” juga diangkat dari kisah nyata. Cerita di serial drama yang dibintangi oleh Lee Je Hoon tersebut diangkat dari esai non fiksi berjudul “Things Left Behind” yang ditulis oleh Kim Sae Byul. Kim Sae Byul adalah seorang trauma cleaner dan menceritakan pengalamannya melalui esai tersebut.

Seperti juga essay di “Things Left Behind”, “Move to Heaven” menceritakan berbagai kejadian yang dialami oleh orang-orang setelah ditinggalkan orang tersayang.

 

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss