Minggu, November 27, 2022
From Korea With Love Concert

Latest Posts

10 Lagu Kpop Ini Terinspirasi Dari Genre Rock, Ada Favorit Kalian?

Lagu kpop tidak saja bergenre pop, EDM, maupun hip hop dan trap. Ada banyak sekali genre yang kerap kali menjadi inspirasi bagi lagu-lagu ini. Tidak ketinggalan, genre rock.

Genre rock memang tidak bisa dikatakan famililar di dalam lagu-lagu K-pop. Sedikit berbeda dengan genre hip hop, pop, EDM, dan bahkan trap yang saat ini semakin banyak digunakan.

Walau belum begitu mainstream, namun sederet group dan artis sudah cukup banyak mengusung genre rock ke dalam rilisan mereka. Diantaranya, 10 lagu kpop berikut ini yang terinspirasi dari genre rock. Ada lagu favorit kalian?

1. Dreamcatcher – “Odd Eye”

Berbicara mengenai rock di kancah K-pop meman harus membicarakan mengenai Dreamcatcher. Girl group yang mengusung konsep rock ini hampir selalu merilis lagu-lagu dengan genre tersebut. Walau kerap kali dipadukan dengan elemen musik EDM maupun pop.

“Odd Eye” merupakan rilisan Dreamcatcher di tahun 2021 dengan inspirasi rock paling kental. Instrumen gitar elektrik semakin memantapkan posisi Dreamcatcher sebagai Princess of Rock di K-pop.

2. DAY6 – “Sweet Chaos”

Hampir sama seperti Dreamcatcher, DAY6 juga menempatkan musik mereka di genre rock. Walau band dari JYP Entertainment ini juga menyisipkan sederet genre lain seperti indie dan juga pop.

“Sweet Chaos” bisa dikatakan menjadi salah satu rilisan dengan inspirasi rock paling kental. Lagu catchy ini sudah pasti akan menjadi ear-worm bagi pendengar.

3. TXT – “LO$ER=LO♡ER”

Meridukan musik rock dari tahun 2000an? “LO$ER=LO♡ER” wajib masuk playlist. Rilisan apik dari TXT di tahun 2021 ini menghadirkan irama rock dengan tema yang sangat dekat remaja. Salah satu lagu yang wajib didengarkan!

4. PURPLE KISS – “My Heart Skip a Beat”

Elektrik gitar dan beat drum yang mengiringi lagu ini di latar belakang membedakan PURPLE KISS dari girl group generasi keempat Kpop lain. Lagu pre-debut ini seakan menunjukan arah musikalitas unik dari PURPLE KISS.

5. B.A.P – “1004 (Angel)”

Tidak salah memang bila mengatakan bahwa “1004 (Angel)” merupakan salah satu lagu terbaik rilisan B.A.P. Lagu Kpop ini bukan hanya catchy. Namun juga menyisipkan elemen musik rock yang saat itu belum banyak disentuh.

6. ENHYPEN – “Tamed-Dashed”

ENHYPEN bisa dikatakan sebagai salah satu boy group dengan musikalitas menjanjikan saat ini. “Tamed-Dashed” memadukan genre EDM dengan pop-rock kental. Melahirkan konsep musik yang unik, berbeda, namun tetap mudah didengarkan.

7. Jessi – “What Type of X”

Satu lagi perpaduan genre musik unik dan juga berbeda. Jessi memadukan antara genre rock dan musik rap.

Hanya saja sang rapper tidak sekedar memasukan unsur rock melalui instrumen seperti gitar elektrik. Elemen-elemen rock mulai dari beat sampai melodi berpadu manis dengan gaya rap Jessi. Sebuah perpaduan yang secara mengejutkan menjadi sangat adiktif.

8. SHINee – “Why So Serious?”

SHINee tidak pernah ragu mencoba sesuatu baru. Termasuk ketika boy group ini merilis lagu dengan inspirasi musik rock, “Why So Serious?” di tahun 2013.

Walau elemen musik rock yang disertakan di dalam lagu ini tidak begitu kental, namun sulit disangkal adanya beat-beat elektronik yang terinspirasi dari genre rock.

9. Taeyeon – “Can’t Control Myself”

Lagu pre-release ini sangat kental dengan berbagai irama musik rock. Walau secara resmi, “Can’t Control Myself” mengusung genre pop-punk.

Tema tentang cinta yang berantakan, toxic, dan juga hubungan berbahaya semakin cocok dengan irama rock yang diusung. Taeyeon sekali lagi membuktikan ia tidak pernah gagal dalam merilis lagu-lagu solo terbaik.

10. Epik High ft. Younha – “Gray So Gray”

Epik High dan Younha memberikan sentuhan rock dalam sisi lain. “Gray So Gray” mengedepankan musik dalam lingkupan genre indie alternatif rock.

Irama mendayu, lirik menyentuh, dan vokal manis Younha berpadu dengan rap dari trio hip hop Epik High melahirkan sebuah lagu Kpop ikonik dan fenomenal. Bagaimana mungkin lagu ini tidak menjadi favorit kalian?

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss

From Korea With Love Concert