OUR NETWORK
Minggu, Januari 17, 2021
OUR NETWORK

10 Self-Produced Idol Group yang Wajib Kamu Kenal (Part 1)

Pernah mendengar tentang self-produced idol group? Sejauh ini penggemar KPOP sepertinya sudah sangat maklum bahwa agensi memiliki peranan besar untuk rilisan dari para idol group. Konsep sampai lagu biasanya sepenuhnya dipilihkan dan dikontrol oleh agensi.

Namun tidak begitu dengan self-produced idol group. Seperti juga namanya, group idol ini memiliki member sendiri yang menjadi produser rilisan mereka. Baik itu lagu, konsep, bahkan sampai koreografi. Walau pun tentu saja beberapa ada campur tangan dari produser atau pencipta lagu lain di luar group.

Jadi, penasaran dengan siapa saja sebenarnya para self-produced idol group ini? Di bawah ini 10 yang wajib kamu kenal.

1. PENTAGON

PENTAGON bisa dibilang sebagai salah satu underrated self-produced idol group. Padahal leader dari boy group besutan Cube Entertainment ini, Hui, bukan hanya aktif dalam menciptakan lagu dan juga proses kreatif di dalam group. Tapi juga untuk artis serta group lain. Sejauh ini saja Hui sudah merilis hits untuk group Shinhwa dan Wanna One.

Untuk PENTAGON sendiri, Hui dan sang mantan member E’Dawn dikenal dengan rilisan mereka “Shine” yang menjadi hits. Sedangkan Kino menciptakan hits lain untuk PENTAGON, “Violet” pada 2017 lalu. Seluruh member di group pun bersama-sama menulis untuk track “Round 2.”

2. WINNER

Setiap member di group ini sudah memiliki peranan besar dalam proses produksi sejak pre-debut. Kang Seung Yoon, Song Mino, dan Lee Seung Hoon menulis dan memproduseri lagu-lagu di album WINNER. Bahkan Lee Seung Hoon memegang peranan penting untuk koreografi di group besutan YG Entertainment tersebut.

Kang Seung Yoon dan Song Mino menjadi sosok dibalik 2 mega hits dari WINNER, “Everyday” dan juga “Really Really.” Sedangkan member lain menulis lirik untuk lagu tersebut.

Mereka pun aktif menjadi produser serta song writer untuk penyanyi lain di YG Entertainment.

3. EXID

Salah satu member di girl group dengan konsep girl crush ini, LE bekerja sama dengan produser musik terkenal Shinsadong Tiger untuk meramu lagu-lagu hits untuk EXID. Dua diantarany seperti “Up & Down” dan “Me & You” yang menjadi mega hits tersukses di girl group tersebut.

Walau pun masih jarang sekali girl group menjadi self-produced idol group, EXID siap menjadi pengecualian!

4. GOT7

GOT7 memang tidak memulai debut mereka dengan self composed atau pun rilisan self produced. Namun berbeda dengan album-albu di awal masa debut tersebut, beberapa tahun terakhir GOT7 mulai menangani sendiri proses kreatif dalam album mereka.

“Flight Log: Departure” EP pada 2016 merupakan salah satu rilisan yang diproduseri sendiri oleh member GOT7. Setelah itu pun para member aktif menulis serta memprodoseri b-side track di beberapa album berikutnya. Selain itu single rilisan 2017, “You Are” pun merupakan co-composed dan co-written oleh JB.

5. DAY6

Singe debut pertama dari DAY6, “Congratulations” yang dirilis pada 2015 lalu diproduseri dan ditulis sendiri oleh para member. Hal ini terus berlangsung sampai rilisan terakhir mereka, “Time of Our Life,” yangp diciptakan oleh Young K, Jae, Sungjin, dan Wonpil.

Memiiki sederet member dengan kemampuan vokal dan juga instrumen yang apik, DAY6 memang tak perlu kerepotan dalam hal menciptakan serta memproduseri lagu. Ini yang membuat mereka juga sukses dalam program promosi merilis album serta single setiap bulannya di tahun 2017 kemarin.

Selain itu juga, DAY6 pun mulai menciptakan lagu untuk penyanyi lain.

Comments

Loading...