Minggu, Oktober 2, 2022

Latest Posts

10 Self-Produced Idol Group yang Wajib Kamu Kenal (Part 2)

KPOP group secara keseluruhan memang berbeda dengan musisi atau pun penyanyi lain. Salah satunya beraitan dengan besarnya peranan agensi dalam proses produksi group. Mulai dari lagu yang akan dirilis, konsep, dan lain-lain. Walau tak menutup terdapat sederet self-produced idol group yang memegang kendali akan rilisan mereka.

Berikut ini merupakan lanjutan untuk daftar self-produced idol group yang wajib dikenal. Group yang ada dalam daftar di bawah ini memang bukan hanya sekedar berperan besar pada proses kreatif keseluruhan. Mereka juga membuat serta menciptakan lagu-lagu yang dirilis group tersebut!

Penasaran siapa saja self-produced idol group ini?

6. (G)I-DLE

Tak banyak girl group yang dapat masuk ke dalam kategori self-produced idol group. (G)I-DLE merupakan sedikit diantaranta. Leader dari girl group besutan Cube Entertainment ini, Soyeon tak hanya menciptakan sederet lagu hits untuk group lain. Melainkan juga menjadi sosok dibalik mega hits dari (G)I-DLE.

Rapper bertalenta ini menciptakan lagu demi lagu yang dibawakan oleh girl group rookie tersebut. Salah satunya “HANN,” yang bisa dikatakan sebagai hits terbesar untuk (G)I-DLE. Menariknya, Soyeon memang bukan sekedar menciptakan lagu. Melainkan terinspirasi dari talenta serta keunikan member (G)I-DLE sendiri.

Sedangkan album terbaru mereka, “I Made” pun sepenuhnya dibuat sendiri oleh member dari girl group ini.

7. Stray Kids

Stray Kids menjadi boy group berikutnya dari JYP Entertainment yang termasuk ke dalam self-produced idol group. Sejak pre-debut sampai saat ini, nyaris tak ada satu rilisan pun dari Stray Kids yang tak diproduseri atau pun ditulis sendiri oleh para membernya.

3RACHA, production unit dari group ini terdiri dari 3 orang member: Bang Chan, Changbin, dan Han (stage names CB97, SPEARB, dan J.ONE) menulis serta memproduseri nyaris semua track di album Stray Kids. Belum lagi mixtape mereka yang memang diciptakan sendiri.

8. Block B

Block B merupakan boy group lain yang sepenuhnya memiliki andil dalam proses produksi. Tak hanya berkat sang mantan member Zico, yang dikenal luas sebagai produser ternama. Melainkan juga beberapa member lain seperti Park Kyung, P.O, serta Taeil yang juga dikenal membantu menulis dan memproduseri hits dari boy group tersebut.

Menariknya walau pun image untuk boy group ini condong pada tough hip hop, beberapa lagu yang diproduseri oleh Park Kyung dan Zico justru berada di berbagai genre. Mulai dari R’nB, trap musik, EDM hip hop seperti untuk hits “Produce X 101,” bahkan pop ballad!

9. BTS

Walau pun memiliki sederet produser musik papan atas in house, beberapa track bahkan lagu utama dari album BTS justru ditulis oleh para member sendiri. RM, Suga, dan J-Hope menjadi member yang paling sering memberikan sumbangsih untuk rilisan BTS. Walau pun member lain seperti V, Jungkook, dan Jin kerap kali membantu proses menulis lirik.

Tak itu saja, BTS pun kerap kali mengunggah lagu ciptaan mereka sendiri seperti V dengan “Winter Bear,” serta “Ddaeng” yang dibawakan rap line dari boy group papan atas ini.

10. SEVENTEEN

Tak lengkap membicarakan tentang self-produced idol group tanpa memasukan boy group dari PLEDIS Entertainment ini dalam list. Sejak debut, SEVENTEEN dikenal memegang kendali penuh untuk rilisan mereka. Woozi menjadi dalang untuk memproduseri sederet hits dari SEVENTEEN, mulai dari “Very Nice” sampai “Clap.”

Sedangkan member lain berpartisipasi dalam menulis lirik, rap, sampai untuk koregrafi! Bahkan mengenai desain pun dibicarakan mendalam dengan para member SEVENTEEN sendiri.

Latest Posts

Don't Miss