Kamis, Oktober 21, 2021

Latest Posts

14 Film Korea Terbaik yang Ceritanya Diangkat Dari Kisah Nyata (Part 1)

Sudah bukan hal baru ketika cerita sebuah film diangkat dari cerita nyata. Begitu pun juga sederet film Korea terbaik. Plot cerita dihadirkan dalam film-film ini terinspirasi dari kejadian yang nyata terjadi.

Dalam beberapa tahun terakhir, penonton di seluruh dunia disuguhi dengan deretan film-film Korea terbaik. Cerita menarik dengan sinematografi keren hingga aktor serta aktris berbakat menjadi daya tarik tersendiri film-film produksi Korea Selatan. Sebut saja seperti “Train to Busan” hingga “Parasite.”

Di sisi lain, terdapat sederet film Korea terbaik lain dengan cerita yang tak kalah menarik. Lebih menarik lagi karena cerita di film ini mengangkat kisah nyata yang pernah terjadi. Baik itu mengenai tragedi, kejahatan dan kriminal, hingga kejadian bersejarah di masa lalu.

Penasaran film apa saja yang ceritanya berasal dari kisah nyata? Berikut ini daftar untuk bagian pertama.

1. The Chaser

Tak banyak diketahui, cerita dari film satu ini sebenarnya diangkat dari kisah nyata. “The Chaser” menceritakan tentang pemburuan pembunuh berantai oleh seorang polisi yang terlibat korupsi namun sedang mengalami kesulitan ekonomi. Karakter pembunuh berantai di film ini terinspirasi dari seorang pembunuh berantai di dunia nyata, yang bersenjatakan palu dan membunuh serangkaian wanita.

Satu fakta menarik dari penangkapan sang pembunuh berantai, dulunya ia sudah sempat tertangkap. Namun akhirnya dibebaskan karena polisi mengira ia hanya seorang pencuri biasa.

2. Northern Limit Line

Film Korea satu ini pun diangkat dari kisah nyata. Tidak tanggung-tanggung, cerita “Northern Limit Line” diambil dari Second Battle of Yeonpyeong.

Mengambil setting waktu tahun 2002, cerita di film “Northern Limit Line” sama dengan kejadian nyata. Saat itu perahu patroli Korea Utara melintasi perbatasan utara. Mereka lantas diperingatkan untuk putar balik. Nahasnya, perahu kedua justru juga masuk ke perbatasan dan mengancam patroli Korea Selatan. Peperangan pun terjadi.

3. Memories of Murder

Meski tidak disinggung di dalam film, cerita “Memories of Murder” berdasarkan kasus pembunuhan berantai pertama di Korea Selatan. Dari tahun 1986 hingga 1991, 10 orang wanita dibunuh di Hwaseong. Film ini sendiri memfokuskan cerita pada 2 orang detektif yang berusaha mengungkap kasus pembunuhan berantai tersebut.

4. Silenced

Film Korea terbaik ini menjadi salah satu yang wajib ditonton. Bukan saja karena diangkat dari kisah nyata mengenai anak-anak tuli yang menjadi korban kekerasan dari anggota yayasan. Melainkan juga karena jalan cerita serta sinematografi yang sangat apik.

Setelah film ini tayang dan mendapat perhatian, sekolah yang menjadi tempat kejadian akhirnya ditutup. Tidak itu saja, berkat cerita yang dituturkan di film ini peraturan tentang kejahatan seksual terutama kepada anak-anak dan mereka yang berkebutuhan khusus pun berhasil diubah.

5. Spy Myung Wol

Tidak banyak yang tahu bahwa cerita di film satu ini berdasarkan kejadian nyata. “Spy Myung Wol” menceritakan tentang mata-mata Korea Utara, Han Myung Wol yang masuk ke Korea Selatan untuk menculik aktor populer Kang Woo. Cerita di film ini berdasarkan dari penculikan sutradara dan sang istri, yang merupakan aktris ternama di tahun 1977 untuk membuat film Korea Utara.

6. My Father

Film ini pun berdasarkan dari cerita nyata. Kisahnya mengenai seorang anak adopsi yang berusaha mencari sang ayah kandung. Ketika akhirnya bertemu, sang ayah rupanya sudah divonis sebagai pembunuh.

Sebelum penayangannya, film “My Father” sempat menjadi kontroversi karena keluarga korban dari cerita tersebut tidak setuju kisahnya diangkat. Meski pada akhirnya “My Father” tetap tayang dan mencapai sukses besar.

7. The Admiral: Roaring Currents

Film Korea terbaik satu ini diangkat dari sejarah Battle of Myeongnyang. Di tahun 1597 Jepang hendak menjajah Korea dengan mengerahkan 300 perahu. Kala itu Korea hanya dapat bertahan dengan 12 perahu yang dimiliki. Meski nampak tidak mungkin, namun Korea berhasil menang dari serangan Jepang.

 

Source: Koreaboo

Latest Posts

Don't Miss