Rabu, Oktober 5, 2022

Latest Posts

16 K-drama Tentang Kesehatan Mental yang Tidak Boleh Dilewatkan, Menyentuh Sekaligus Bermakna! (Part 1)

Kesehatan mental merupakan topik yang semakin menjadi sorotan dalam beberapa tahun terakhir. Sehingga tidak heran bila semakin banyak K-drama tentang kesehatan mental yang dirilis. Cerita dalam serial drama ini pun tidak hanya menyentuh melainkan juga memiliki pesan tersendiri.

K-drama tentang kesehatan mental menghadirkan cerita dalam berbagai sisi dan perspektif. Bahkan tidak jarang, isu kesehatan mental diangkat dengan begitu realistik demi menyampaikan pesan kepada penonton. Serial drama inipun hadir dalam berbagai genre berbeda. Memberikan gambaran beragam spektrum mengenai kesehatan mental.

Agar tidak terlewat, berikut ini merupakan bagian pertama untuk daftar K-drama tentang kesehatan mental yang paling wajib ditonton.

1. “It’s Okay To Not Be Okay”

Isu kesehatan mental di drama ini bukan saja diperlihatkan dari pekerjaan sang karakter utama pria, Moon Kang Tae (Kim Soo Hyun) sebagai perawat di sebuah rumah sakit jiwa. Tema mengenai kesehatan mental juga dihadirkan melalui masing-masing karakter, yang memiliki trauma di masa lalu sehingga mempengaruhi kehidupan mereka.

Moon Kang Tae, yang seorang perawat di rumah sakit jiwa tidak memikirkan tentang cinta dan mengabdikan hidupnya menjaga sang kakak yang mengidap autisme, Moon Sang Tae (Oh Jung Se). Sampai suatu ketika, penulis buku anak-anak Go Moon Young (Seo Ye Ji) tertarik kepadanya.

Go Moon Young melakukan segala cara untuk mendapatkan hati Moon Kang Tae. Walau dirinya juga memiliki masa lalu dan trauma kelam sendiri.

2. “It’s Okay, That’s Love”

“It’s Okay, That’s Love” tidak diragukan lagi merupakan serial K-drama tentang kesehatan mental yang paling populer. Drama ini menghadirkan Jo In Sung sebagai Jang Jae Yeol, seorang penulis ternama yang memiliki permasalahan mental. Jang Jae Yeol menderita schizophrenia dan melalui berbagai masalah sulit karenanya.

Di sisi lain ada Ji Hae Soo (Gong Hyo Jin), seorang psikiaters yang langsung tidak menyukai Jang Jae Yeol sejak pertama kali bertemu. Walau ketidaksukaan tersebut terpaksa ditahan mengetahui Jang Jae Yeol adalah pemilik rumah yang ia sewa dan tinggali.

Hubungan mereka pun berubah dengan cepat dari rasa benci menjadi cinta. Meski penonton juga disuguhi lika-liku dan permasalahan Jang Jae Yeol untuk sembuh dari schizophrenia.

3. “Kill Me Heal Me”

Satu lagi K-drama yang menggambarkan sang karakter utama mengalami masalah mental. Cerita di “Kill Me Heal Me” berfokus pada seorang pria kaya raya, Cha Do Hyun (Ji Sung) yang mengidap multiple personality disorder. Ia memiliki 7 kepribadian berbeda yang disebabkan karakter trauma di masa kecil.

Salah satu dari kepribadiannya jatuh cinta kepada Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum).

Namun permasalahan cinta bukan fokus utama dari drama ini. Penonton diajak mengikuti perjalanan Cha Do Hyun untuk sembuh dengan mengungkap akar dari permasalahan mental yang dialami. Meski mengangkat topik kesehatan mental yang serius, genre humor dan jalan cerita ringan membuat “Kill Me Heal Me” semakin menarik ditonton.

4. “SKY Castle”

Kesehatan mental mungkin bukan menjadi topik maupun tema utama di serial drama ini. Walau penonton justru ditunjukan bagaimana beberapa karakter di dalamnya, terutama karakter anak-anak mengalami berbagai permasalahan kesehatan mental. Salah satunya karena tekanan dan dorongan yang diberikan orang tua dan masyarakat.

“SKY Castle” mengangkat cerita kehidupan empat keluarga kaya di sebuah perumahan elite. Mereka tidak saja bersaing untuk meraih sukses dalam kehidupan. Melainkan juga terobsesi untuk memasukan anak-anak mereka ke universitas ternama di Seoul, Korea Selatan. Obsesi tersebut, tanpa disadari justru menjadi bumerang.

5. “Fix You”

Drama medis satu ini merupakan salah satu paling wajib ditonton. “Fix You” menceritakan tentang seorang psikiatris Lee Si Joon (Shin Ha Kyun) yang selalu memiliki cara tersendiri untuk mengatasi kesehatan mental para pasiennya. Walau kadang cara tersebut cukup eksentris.

Pada satu ketika Lee Si Joon bertemu dengan seorang pasien, Han Woo Joo (Jung So Min). Han Woo Joo yang merupakan seorang aktris musikal memiliki masalah mental yang membuatnya mengalami gangguan emosi. Lee Si Joon pun berusaha melakukan segala sesuatu untuk menolongnya hingga sembuh.

Selain 5 K-drama di atas, masih ada banyak serial lain yang mengangkat isu maupun tema kesehatan mental di bagian kedua dan ketiga di sini.

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss