Senin, Desember 5, 2022
From Korea With Love Concert

Latest Posts

3 Fandom Kpop yang Habiskan Uang Paling Banyak Untuk Grup Idolanya

Perusahaan riset pasar iPrice merilis analisis tentang peringkat fandom Kpop di seluruh dunia yang menghabiskan paling banyak uang untuk grup idolanya. Laporan yang dipublikasikan mengungkapkan bahwa seorang fans di fandom teratas menghabiskan rata-rata $1.422 untuk grup idolanya.

Menurut hasil survei, ARMY BTS berada di nomor 1, ONCE TWICE berada di nomor 2, dan BLINK BLACKPINK berada di nomor 3.

ARMY

Di antara semua fandom Kpop di seluruh dunia, ARMY menghabiskan uang paling banyak untuk merchandise BTS. Setiap ARMY menghabiskan sekitar $545 untuk merchandise, $541 untuk tiket konser, dan $336 untuk album. Mereka masing-masing memiliki setidaknya 15 album BTS dan membeli setidaknya 5 tiket konser.

iPrice menyatakan, “Para fans BTS yang antusias menghabiskan rata-rata $1.422 per orang. Di antara tiga barang yang dibeli yang dievaluasi – merchandise, album, dan tiket konser, para fans BTS menghabiskan paling banyak uang untuk merchandise BTS.” Belakangan ini, jenis merchandise menjadi beragam, mulai dari casing HP hingga photocard, baju, dekorasi rumah, dan majalah, sehingga semakin banyak uang yang dikeluarkan mereka.

ONCE

Menurut data, para fans TWICE menghabiskan rata-rata $824 dan mereka menghabiskan lebih sedikit untuk merchandise. Terungkap bahwa para ONCE hanya menghabiskan rata-rata $173 untuk merchandise tapi menghabiskan $446 untuk tiket konser dan $205 untuk album. Rata-rata, mereka mengumpulkan 14 album TWICE dan membeli lebih dari 4 tiket konser.

BLINK

Para fans BLACKPINK berada di posisi ketiga dengan menghabiskan rata-rata $665 per orang. Setiap BLINK menghabiskan sekitar $349 untuk merchandise, $161 untuk album, dan $155 untuk tiket konser. Meskipun mereka menghabiskan uang jauh lebih sedikit disbanding ARMY dan ONCE, mereka berada di nomor 3 mengingat periode promosi BLACKPINK yang singkat dan mereka nggak memiliki banyak album.

Sementara itu, K-pop mencetak rekor ekspor album tertinggi sepanjang masa tahun ini. Menurut Korea Customs Service, ekspor album Korea mencapai $170 juta pada periode Januari-November, naik 94,9% dari tahun sebelumnya. Dibandingkan tahun 2017 lalu, angka ini naik empat kali lipat. Selain itu, basis fans K-pop global berkembang dari Asia, termasuk Jepang dan Cina, ke Amerika Serikat, Eropa, dan Amerika Selatan. Jumlah negara yang mengekspor album K-pop meningkat dari 78 pada 2017 menjadi 114 tahun ini. Daebak!

Berapa banyak nih uang yang sudah kamu keluarkan demi grup idolamu sejauh ini?

Sumber: (1)

Latest Posts

Don't Miss

From Korea With Love Concert