OUR NETWORK
Jumat, Januari 24, 2020
OUR NETWORK

4 Teori Menarik Dari Comeback Trailer BTS “Interlude: Shadow”

Setelah mengumumkan rencana perilisan album “Map of The Soul: 7,” comeback trailer BTS “Interlude: Shadow” diluncurkan. Seperti juga sebelumnya, comeback trailer ini berupa intro yang dibawakan secara solo. Kali ini, oleh Suga.

Comeback trailer BTS “Interlude: Shadow” dipercaya memiliki teori tertentu yang berkaitan dengan album “Map of The Soul: 7” nantinya. Penggemar pun menemukan beberapa teori yang tak bisa disangkal menarik dari video klip yang dirilis.

Penasaran dengan teori menarik apa saja dari comeback trailer BTS “Interlude: Shadow”?

1. Kaitan dengan “Intro: Persona”

“Intro: Persona” merupakan trailer dari album “Map of The Soul: Persona” dan dibawakan oleh RM. Seperti diketahui, album “Map of The Soul: 7” ini nantinya merupakan rilisan kedua dari serie “Map of The Soul.” Sehingga sepertinya bukan sama sekali mengejutkan bila intro dari kedua album berkaitan.

Menariknya, kaitan antara “Intro: Persona” dan “Interlude: Shadow” justru karena keduanya mengusung konsep teori psikologis Carl Jung.

Dalam psikologi Jung, persona dan shadow saling terkait erat. Proses individuasi yang diperlukan untuk pertumbuhan dimulai dengan pembubaran persona dan turun ke kegelapan sendiri, bayangan.

Menurut Jung, “semakin banyak kesadaran yang semakin jernih, semakin monarki menjadi isinya… raja terus membutuhkan pembaruan yang dimulai dengan turun ke kegelapannya sendiri.” Dengan kata lain, untuk menjadi diri sejati harus meninggalkan persona (topeng yang dibuat untuk dunia) dan hadapi sisi gelap atau bayangan.

Lirik serta klip “Interlude: Shadow” menunjukan eksplorasi Suga antara ego dan bayangan. Meski pada akhirnya ia tak lagi lari dari bayangan dan kegelapan. Melainkan memilih untuk menerimanya sebagai bagian dari diri, meski bukan sepenuhnya.

2. Throwback ke era rookie BTS?

Teori comeback trailer BTS “Interlude: Shadow” berhubungan dengan beberapa pertunjuk. Salah satunya “Interlude: Shadow” menggunakan sampler dari “Intro: O!RUL8,2?,” yang merupakan track pertama dari album BTS “O!RUL8,2?.”

Comments

Loading...