Kamis, Desember 8, 2022

Latest Posts

5 Artis dan Group K-POP Ini Terinspirasi Konsep AI

AI atau artificial intelligence merupakan teknologi yang semakin dikembangkan di dunia digital. Menariknya, AI pun semakin merambah dunia hiburan. Bahkan sederet artis dan group KPOP pun terinspirasi konsep AI.

Konsep yang menarik menjadi salah satu faktor kesuksesan artis dan group KPOP. Tidak mengherankan bila agens dan perusahaan hiburan di Korea Selatan berusaha mendebutkan group maupun soloist dengan konsep-konsep baru. Baik itu konsep estetika, genre musik. Hingga konsep group keseluruhan.

Group hingga soloist berkonsep AI semakin banyak diadopsi dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan diprediksikan, AI akan menjadi tren tersendiri. 

Berikut ini merupakan 5 artis dan group KPOP yang konsepnya terinspirasi AI.

  1. Aespa

Girl group anyar besutan SM Entertainment ini membuat geger dengan konsep AI yang mereka usung. Member Aespa; Ningning, Karina, Giselle, dan Winter masing-masing memiliki versi “avatar” sendiri dari teknologi artificial intelligence.

Avatar dari member Aespa hidup di universe tersendiri, bernama “FLAT.” SM Entertainment mengungkap FLAT dan avatar Aespa termasuk dalam SM Culture Universe atau SMCU—yang juga terhubung dengan group-group lain di bawah agensi ini.

Konsep AI di Aespa memang sangat menarik. Terutama karena avatar mereka pun dilibatkan dalam pemotretan hingga video musik. Bahkan Karina menyebut Aespa sebenarnya memiliki 8 member; termasuk dengan avatar mereka.

2. AleXa

AleXa juga mengusung AI sebagai konsep. Terutama dari segi estetika. Sejak debut di tahun 2019, soloist ini memang mengusung konsep futuristik. Termasuk dengan basis AI di dalamnya.

Konsep yang terinspirasi dunia AI pun tak hanya diperlihatkan AleXa dalam tampilan di video musik saja. Soloist ini bahkan merilis lagu “AI Trooper” yang sangat cocok dengan konsep serta identitas AI yang diusung.

3. K/DA

K/DA merupakan satu lagi group dengan konsep AI yang unik. Virtual group ini memang tak hanya di genre K-POP. Meski melibatkan beberapa idol group KPOP dalam lagu-lagu rilisannya.

Member K/DA terdiri atas karakter dari online game populer League Of Legends. Ada Ahri, Akali, Evelynn dan Kai’Sa. Meski berkonsep AI dan avatar, K/DA sudah merilis sederet single. 

Single “More” dibawakan oleh Soyeon dan Miyeon dari (G-)-IDLE. Sedangkan member TWICE, Jihyo, Nayeon, Sana, dan Chaeyoung merilis single “I’ll Show You” untuk virtual group ini.

4. Eternity

Eternity membuat gempar saat debut di awal tahun 2021 kemarin. Pada Maret 2021, agensi Pulse9 mengumumkan rencana debut girl group KPOP baru bernama Eternity. Mereka debut dengan single berjudul “I’m Real.”

Menariknya, 11 member Eternity dibuat dengan teknologi AI. Sehingga bisa dikatakan Eternity merupakan girl group virtual dari KPOP.

Konsep ini tentu saja mendapatkan berbagai bentuk pro dan kontra dari penggemar.

5. Apoki

Apoki juga merupakan sosok karakter dibuat dengan teknologi AI. Awalnya Apoki ditujukan sebagai virtual influencer. Hingga akhirnya debut sebagai artis KPOP di bulan Februari kemarin.

AI artis KPOP ini debut dengan single “Get It Out.” Di bulan Juni kemarin, Apoki comeback dengan single baru “Coming Back.”

Hadirnya sederet artis dan group KPOP yang terinspirasi, bahkan mengadopsi konsep AI ini tentu saja menarik. Aespa, K/DA, Eternity, hingga Apoki bahkan sepenuhnya mengusung teknologi AI dalam konsep mereka.

Virtual group, baik itu dengan avatar atau sepenuhnya dari AI diprediksi akan semakin menjamur di tahun-tahun selanjutnya. Tentu saja tren ini akan mengubah KPOP di masa depan.

Bagaimana pendapat kalian tentang group KPOP dengan AI ini?

Source: Koreaboo.com

Latest Posts

Don't Miss