Selasa, November 30, 2021

Latest Posts

5 Detail dan Makna Set “Squid Game” yang Belum Banyak Diketahui

Serial K-drama dari Netflix satu ini sedang menjadi pusat perhatian. Jalan cerita dengan pesan moral mendalam menjadi kekuatan tersendiri dari “Squid Game”. Menariknya, set “Squid Game” pun rupanya memiliki makna yang mungkin belum banyak diketahui.

Mengangkat cerita tentang isu sosial, seperti kapitalisme hingga ketidakadilan, jalan cerita “Squid Game” dibuat sedemikian rupa agar menyampaikan pesan moral kepada penontonnya. Namun rupanya makna tersebut tidak saja disampaikan melalui plot hingga dialog para aktor.

Set “Squid Game” pun memiliki makna dan arti tersendiri. Beberapa bahkan dibuat sedemikian rupa agar menggambarkan kejadian yang dialami para karakter di dalamnya.

Penasaran? Berikut ini 5 detail dan makna set “Squid Game” yang mungkin kalian lewatkan.

1. Bunga Di Adegan Kang Sae Byeok dan Ji Yeong

Persahabatan Kang Sae Byeok (Jung Ho Yeon) dan Ji Yeong (Lee Yoo Mi) menyentuh hati penonton meski berlangsung singkat. Pada episode 6, keduanya terpaksa harus berpisah dengan begitu tragis.

Menariknya, set adegan antara Kang Sae Byeok dan Ji Yeong dibuat sedemikian rupa untuk memperlihatkan nasip keduanya. Saat Kang Sae Byeok dan Ji Yeong bercakap-cakap di tangga, pot bunga di belakang mereka menunjukan dua keadaan berbeda.

Pot bunga di belakang Kang Sae Byeok terlihat masih hidup dan mekar. Sebaliknya pot bunga di belakang Ji Yeong nampak mati.

2. Tatanan Simbol Segitiga, Lingkaran, dan Persegi

Ketiga simbol ini sama sekali tidak terpisahkan dari “Squid Game”. Simbol lingkaran, segitiga, dan persegi ini diambil dari bentuk papan permainan squid game itu sendiri. Selain juga dari huruf hangul untuk Squid Game: 오징어 게임 yaitu “ㅇ,” ㅈ,” dan “ㅁ.”

Namun makna simbol bukan itu saja.

Simbol ini digunakan pula untuk menunjukan ranking dalam tatanan prajurit penjaga di “Squid Game”. Prajurit dengan simbol persegi memiliki ranking tertinggi, karena memiliki sudut paling banyak. Sedangkan prajurit dengan simbol lingkaran berada di tatanan terendah karena tidak memiliki sudut.

Tatanan yang unik dan mungkin sama sekali luput dari perhatian, ya?

3. Pemilihan Warna Hijau dan Pink

Makna dari detail di “Squid Game” juga berkaitan dengan pemilihan warna. Seperti diketahui, para peserta mengenakan baju berwarna hijau. Sedangkan penjaga mengenakan seragam pink.

Warna hijau dan pink juga mendominasi di set “Squid Game”. Seperti untuk tangga dimana peserta menunju ke permainan berikutnya.

Pemilihan kedua warna ini rupanya memiliki alasan tersendiri. Warna hijau dipilih karena mengingatkan pada gerakan politik Korea di tahun 1970, Saemaul MovementKala itu baju olahraga berwarna hijau diberikan kepada anak sekolah. Tujuannya demi mendorong kemajuan kota. Walau begitu gerakan politik tersebut mendapat tantangan karena merusak kultur, kepercayaan, dan tradisi masyarakat lokal.

Sedangkan warna pink dipilih karena kaitannya dengan dunia imajinasi. Untuk itu warna pink juga digunakan untuk pita di peti mati untuk kontestan yang meninggal.

4. Set Permainan di “Squid Game” Nampak Palsu

Set permainan yang terlihat palsu juga memiliki makna tersendiri. Detail yang menunjukan bahwa peserta tidak berada di dunia nyata bertujuan untuk memberikan rasa aman yang palsu. Sehingga peserta akan merasa bingung dengan mana kenyataan dan mana yang benar-benar terjadi.

Ini nampak pada permainan pertama, “Red Light, Green Light”. Dimana awalnya peserta seakan tidak percaya bahwa mereka benar-benar akan dibunuh saat tereliminasi.

Begitu juga di permainan kelereng. Set di perumahan pun dibuat untuk terlihat palsu namun tetap berusaha realistis. Demi mengaburkan serta memberi ilusi antara nyata dan tidak.

5. Jalanan di Permainan Tarik Tambang

Penggunaan set yang menyerupai jalanan di permainan tarik tambang pun memiliki makna. Jalanan yang nampak terputus memberikan gambaran makna bahwa para kontestan di permainan ini tidak memiliki jalan lain. Selain harus menyelesaikan permainan, hidup atau mati.

Selain itu set inipun dipilih untuk menggambarkan para kontestan yang sebagian besar memang hidup di jalanan. Mereka mempertaruhkan hidupnya di jalanan.

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss