Selasa, Desember 6, 2022
From Korea With Love Concert

Latest Posts

5 Group K-pop Ini Pernah Dituding Plagiat Dari Group Lain

Walau sering dipuji dengan krearivitasnya, sederet group K-pop justru pernah tersandung kasus plagiat. Group dan juga agensi K-pop dituding oleh penggemar melakukan plagiat dari group idol lain. Baik itu konsel, visual video musik, sampai juga lagu.

Kemiripan lagu, konsep, sampai visual dari group-group K-pop memang kerap tidak bisa dihindari. Walau begitu sederet group pernah dituding melakukan plagiat karena terdapat kesamaan dengam group-group lain. Kesamaan ini bahkan kerap kali benar-benar mirip hingga tudingan plagiat semakin berhembus kencang.

Di bawah ini merupakan daftar group K-pop yang pernah dituding plagiat dari group lain. Penasaran group apa saja yang dituding mencontek ini?

1. NMIXX

Baru saja debut, girl group besutan JYP Entertainment ini sudah harus berhadapan dengan kasus plagiarisme. Video musik untuk lagu debut NMIXX, “O.O” dituding plagiat konsep boy group ATEEZ.

Penggemar menyadari terdapat beberapa elemen yang mirip dengan ATEEZ di video musik “O.O”. Terutama dari video musik ATEEZ “Illusion.”

Kemiripan penggunaan palet warna, estetika, sampai juga hadirnya kapal bajak laut yang terbang di atas awan di kedua video musik semakin mengobarkan tudingan plagiarisme ini.

Bahkan penggemar ATEEZ menaikan tagar menuntut penjelasan JYP Entertainment mengenai kemiripan tersebut.

2. Survival Show “My Teenage Girl” & ‘(G)I-DLE’ Soyeon

https://youtu.be/GI2KJq5Ualc

Satu lagi rookie girl group yang tersandung kasus plagiarisme. Untuk final survival show “My Teenage Girl” para kontestan dibagi dalam tim berbeda untuk membawakan lagu original. Nantinya pemenang tantangan di final ini dapat debut di girl group Classy.

Tim “Challenger” membawakan lagu “Sun,” yang diproduksi dan diciptakan sendiri oleh mentor survival show “My Teenage Girl”, Soyeon. Rapper dan leader (G)I-DLE ini mengaku menciptakan sendiri lagu tersebut.

Namun penggemar menyadari adanya kemiripan pada chorus “Sun” dengan lagu ATEEZ, “Sun.” Penggemar pun menuding Soyeon dan “My Teenage Girl” melakukan plagiarisme.

3. WJSN

Pada rahun 2020 lalu, girl group WJSN dituding melakukan plagiat untuk photobook pertama mereka, ‘1st Photo Book [ON&OFF].’ Penggemar mengklaim terdapat kesamaan konsep sampai pemilihan warna untuk photobook ini dengan album BTS.

Sebelumnya BTS juga merilis photobook dengan nama ‘PERSONA: ON’ dan ‘EGO: OFF’. Pemilihan nama ini sesuai dengan ide psikologis oleh Jungian.

Penggemar menunjuk bahwa penggunaan konsep dan nama dari kedua photobook ini mirip. Selain juga coverart yang digunakan WJSN dalam photobook mereka.

Sedangkan warna untuk photobook ‘1st Photo Book [ON&OFF]’ disebut penggemar terlalu mirip denagn album berbahasa Jepang dari BTS, ‘Lights.”

4. Golden Child

 

Kemiripan konsep album Golden Child juga pernah berujung dengan tuduhan plagiarisme. Boy group ini disebut melakukan plagiat untuk konsep dan estetik album ‘Goldenness.’

Tampilan album ‘Goldenness’ dari Golden Child disebut penggemar sangat mirip dengan album ‘Flight Log: Turbulence’ dari GOT7. Kemiripan inipun tidak tanggung-tanggung, mulai dari tampilan album, stiker, sampai juga desain CD.

Mirip dengan ‘Flight Log: Turbulence’ tampilan album ‘Goldenness’ pun seperti koper. Di dalam album terdapst set stiker yang bisa digunakan oleh penggemar untuk menghias tampilan luar. Golden Child juga menyertakan tiket ala boarding pass, sama seperti GOT7 dengan ‘Flight Log: Turbulence’.

5. FAVORITE

Girl group FAVORITE juga pernah dituding melakukan plagiarisme. FAVORITE disebut mencontek koreografi dance dari girl group OH MY GIRL.

Penggemar menemukan adanya kesamaan antara koreografi dance “Loca” dari FAVORITE dengan “Secret Garden” dari Oh My Girl.

Kemiripan inipun membuat penggemar menaikan tagar dan berusaha menghubungi agensi untuk mendapat klarifikasi.

 

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss

From Korea With Love Concert