Sabtu, April 20, 2024

Latest Posts

5 Group K-pop yang Tidak Memiliki Member Dari Korea – Ada Bias Kalian Gak?

K-pop rupanya tidak sekedar identik dengan member yang berasal atau memiliki darah Korea saja. Buktinya cukup banyak group K-pop yang justru tidak memiliki member dari Korea sama sekali. Meskipun mereka merilis lagu dan juga melakukan promosi di Korea Selatan.

Saat ini, K-pop memang lebih condong sebagai genre. Bukannya sebuah identitas group berdasarkan kewarganegaraan maupun asal para membernya. Hal ini bukan saja dibuktikan dengan semakin banyaknya member yang berasal dari luar Korea yang debut dalam K-pop group.

Meskipun wajarnya dalam K-pop group ada satu atau beberapa member yang berasal dari Korea. Namun di sisi lain juga ada group K-pop yang semua membernya tidak berasal dari Korea. Berikut ini merupakan group tersebut diantaranya.

1. BLACKSWAN

BLACKSWAN menjadi girl group yang layak menjadi perhatian. Selain memiliki lagu-lagu catchy dan menarik, group ini juga unik karena member-membernya terdiri dari berbagai etnik dan berasal dari negara berbeda.

Debut di tahun 2020 dari agensi DR Music, girl group ini terdiri dari 5 orang member yang masing-masing berasal dari negara berbeda. Ada NVee yang berasal dari Amerika Serikat, Gabi dan Leia dari Brazil, Sriya dari India, dan terakhir Fatou yang merupakan keturunan Sinegal dan Belgia.

2. HONEY POPCORN

Meski debutnya sempat menjadi kontroversi, HONEY POPCORN justru berhasil mendapatkan tempat tersendiri di hati penggemar K-pop. Girl group ini debut di bawah label Kyun Create dan merilis mini album ‘Bibidi Babidi Boo’ pada tahun 2018.

Berbeda dengan K-pop group biasa, 5 orang member HONEY POPCORN sepenuhnya berasal dari Jepang. Para member girl group ini antara lain Yua Mikami, Moko Sakura, Ruka Tajima, dan Sara Izumi.

Saat ini HONEY POPCORN memang tidak hanya melakukan promosi di Korea Selatan saja. Meskipun sepenuhnya mengusung status sebagai K-pop girl group. HONEY POPCORN juga melakukan promosi di Jepang.

3. EXP Edition

EXP Edition menjadi group K-pop pertama yang debut tanpa adanya member yang berasal dari Korea Selatan. Saat debut di tahun 2017 lalu, EXP Edition mendapatkan banyak kritikan. Terutama dari penggemar K-pop internasional.

Member EXP Edition memang berasal dari berbagai negara selain Korea. Group ini sendiri terbentuk melalui proyek I’m Making A Boy Band yang digubah oleh Bora Kim, Karin Kuroda, dan Samantha Shao. Mereka resmi debut sebagai merilis single “Feel Like This.”

Sebagai K-pop boygroup pertama yang membernya tidak berasal dari Korea Selatan, EXP Edition memang mendulang hujatan dan kritikan. Hingga sayangnya group ini tidak begitu eksis lagi sekarang.

4. TEMFIVE

Tidak saja berasal dari Jepang maupun negara-negara di Amerika, group K-pop juga rupanya ada yang berasal dari Filipina. TEMFIVE menjadi girlgroup K-pop pertama yang semua membernya berasal dari Filipina. Girl group ini juga melakukan promosi di negara tersebut selain di Korea Selatan.

TEMFIVE terdiri dari 5 orang member, yaitu Sarah, Rayna, Robie, Jyrrah, dan Katy. Mereka debut di tahun 2016 dengan lagu berbahasa Korea “Miracle.” Setelah itu TEMFIVE melakukan promosi di Korea Selatan. Termasuk tampil di Korean Celebrity Basketball League di tahun 2017.

5. KAACHI

Para member KAACHI berasal dari negara Inggris. Girl group ini juga menjadi group K-pop pertama yang berasal dari Eropa. Girl group besutan label FrontRow Records ini debut di Korea Selatan pada tahun 2020 dengan merilis single digital “Your Turn.”

KAACHI juga menjadi salah satu K-pop group yang mendapat banyak kritikan karena membernya tidak berasal dari Korea. Setelah kritikan dan juga beragam kontroversi, KAACHI akhirnya bubar pada bulan Februari 2023 kemarin.

Diantara group di atas, ada bias kalian?

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss