OUR NETWORK

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Saat Bepergian di Indonesia

foto via forbes

Dalam beberapa tahun terakhir, tingkat pariwisata di Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Karena hal itu, Indonesia menjadi salah satu tujuan utama para turis dari luar negeri. Ditambah dengan kekuatan platform digital dan gencarnya sosial media, keindahan alam di Indonesia sudah tidak bisa disembunyikan lagi.

Kalian pasti terkejut ketika mengetahui bahwa industri pariwisata di Bali telah meningkat 23% dari tahun 2017. Indonesia bahkan telah menyabut 3 juta wisatawan dalam kurun waktu 6 bulan saja. Selain itu, dengan adanya lebih dari 17.000 pulau, Indonesia adalah salah satu negara paling indah di dunia. Namun, sebelum  memulai perjalanan di Indonesia, berikut adalah hal penting yang harus kalian ketahui lebih dulu:

1. Persyaratan Masuk / Visa

Hal yang paling menarik tentang Indonesia adalah, Indonesia baru-baru ini melonggarkan persyaratan visa untuk 169 negara di seluruh dunia. Sebagian besar warga negara diperbolehkan tinggal di Indonesia selama 30 hari. Sebagian besar perlu memiliki visa yang valid untuk tinggal di sini. Misalnya, jika kamu berasal dari Jepang, kamu perlu googling terlebih dulu visa Jepang untuk negara Indonesia, untuk mencari agen visa yang cocok di dekat rumah kamu.

2. Bali Bukan Negara Sendiri

Salah satu mitos yang paling umum beredar adalah Bali merupakan sebuah negara. Padahal, Bali hanyalah salah satu dari banyak pulau di Indonesia. Karena Bali adalah tempat wisata yang terkenal, orang mengira itu adalah sebuah negara. Namun, karena kita bepergian ke Indonesia, kita harus tahu bahwa Bali adalah pulau yang indah.

3. Ada Banyak Aspek Budaya yang Harus Dihormati

Setiap negara asing memiliki budaya sendiri yang perlu dihormati. Sebagai seorang traveler, kita harus berusaha untuk mempelajari budaya di tempat itu sebelum mengunjunginya. Tak ketinggalan, Indonesia adalah negara dengan mayoritas muslim dan juga pemeluk agama lainnya. Jadi, begitu kita berkunjung ke Indonesia, kita akan menemukan banyak masjid, kuil, dan gereja. Pastikan kita berpakaian yang sopan saat berada di Indonesia.

4. Jangan Lupa Mendapat Vaksinasi Sebelum Bepergian

Hal yang paling krusial untuk dilakukan sebelum berkunjung ke negara lain adalah vaksinasi. Kita perlu disuntik untuk penyakit seperti hepatitis A, tipus, kolera dan rabies. Sebelum kita berkunjung, pastikan kita melakukan penelitian mendalam untuk mengetahui tentang kondisi medis umum di negara yang hendak dikunjungi. Kunjungi klinik terdekat untuk mendapatkan semua vaksinasi. Sebagian besar negara memiliki kebijakan ketat dalam hal vaksinasi. Itulah sebabnya orang yang tidak menyelesaikan vaksinasi sering ditolak masuk.

5. Indonesia memiliki banyak bahasa

Indonesia adalah negara dengan banyak suku dan keragaman. Jadi tidak mengherankan ada beberapa bahasa yang digunakan di negara ini, seperti Inggris, Bali, Sunda, dan Jawa. Namun, Bahasa Indonesia adalah bahasa resminya. Jika kamu seorang turis, makan kamu perlu menguasai beberapa frasa seperti “Halo,” “Terima kasih,” dan “Saya butuh dokter.”

Comments

Loading...