Minggu, Januari 23, 2022

Latest Posts

5 Kunci Perubahan K-drama di Tahun 2021: Mulai Dari Platform Hingga Popularitas Internasional

K-drama di tahun 2021 mengalami berbagai perubahan berarti. Mulai dari hadirnya sederet serial yang meraih popularitas mendunia. Hingga para aktor dan aktris pendatang baru yang langsung bersinar.

Sepanjang tahun ini, ada beberapa hal yang membuat perubahan di dramaland. Berkembangnya platform untuk menonton drama untuk penonton internasional merupakan salah satunya. Selain itu juga bagaimana sederet serial drama hingga para aktirs serta aktor meraih popularitas lebih secara internasional di tahun ini.

Agar semakin jelas, berikut ini merupakan 5 kunci perubahan paling menarik di K-drama tahun 2021.

1. K-drama Dengan Genre Survival dan Balas Dendam

Setiap tahunnya terdapat beberapa genre drama Korea yang menjadi favorit. Misalnya saja beberapa tahun belakangan dimana genre kriminal sedang banyak digemari dan diadopsi di banyak serial.

Sedangkan untuk tahun ini, genre yang banyak diadopsi merupakan survival dan juga balas dendam.

Kedua genre ini sudah diusung oleh sederet serial drama populer sepanjang tahun. Sebut saja seperti “Vincenzo”, “Taxi Driver”, “The Devil Judge”, “My Name”, “The Penthouse: War in Life” (Seasons 2 dan 3), serta “Reflection of You” yang juga mengusung tema balas dendam. Tema survival dihadirkan lewat drama populer “Sisyphus: The Myth”, “Happiness”, “Dark Hole”, dan tentu saja “Squid Game.”

2. Platform Untuk Penonton Internasional

Di tahun ini, penonton internasional tidak perlu lagi kesulitan saat hendak menonton serial drama. Tidak perlu pula untuk mengunduh secara ilegal demi bisa menonton serial kesayangan.

Sederet platform untuk menonton serial drama sudah bisa diakses dengan mudah, serta harga cukup terjangkau bagi penonton internasional. Menariknya, platform streaming inipun menghadirkan sederet serial drama original dan khusus. Selain serial-serial lain yang tayang di berbagai stasiun televisi di Korea Selatan.

Netflix, VIU, Amazon Prime Video, Kocowa, iQIYI, Rakuten Viki, hingga Disney+ hadir untuk memuaskan para penggemar K-drama. Belum lagi platform-platform lain yang juga berlomba-lomba menghadirkan serial web drama.

3. Pendatang Baru yang Meraih Popularitas Global

Hadirnya platform untuk memudahkan penonton K-drama internasional membawa keuntungan lain. Salah satunya dengan semakin banyaknya aktris maupun aktor yang meraih popularitas mendunia. Terutama setelah drama-drama yang mereka bintangi mendapatkan respon positif dari penonton internasional.

“Squid Game” merupakan salah satu serial yang paling banyak melejitkan pendatang baru ke popularitas global di tahun ini. Aktris dan model Jung Ho Yeon, Lee Yoo Mi, Wi Ha Jun, hingga Anupam Tripathi menjadi bintang yang dikenal hampir di seluruh dunia.

Selain “Squid Game,” beberapa drama lain juga menghadirkan popularits global untuk pemerannya. Seperti “Hometown Cha-Cha-Cha” yang membuat penonton internasional tergila-gila dengan sosok Kim Seon Ho. Serta ‘SF9’ Rowoon yang juga mencuri hati penonton berkat perannya di “The King’s Affection.”

4. Menghadirkan Kultur Korea Selatan Dengan Lebih Mendalam

K-drama di tahun 2021 banyak mengangkat tema tentang kultur-kultur di Korea Selatan. Contohnya “Squid Game” yang mengadopsi permainan anak-anak dari negara tersebut. Lalu ada “Hometown Cha-Cha-Cha” dan “Racket Boys” yang menunjukan kehidupan perdesaan di Korea Selatan secara akurat.

“D.P.” dan “Melancholia” juga menjadi dua serial drama yang memperlihatkan kultur budaya dan kehidupan masyarakat di Korea Selatan. Lengkap dengan berbagai permasalahan dan sisi-sisi gelapnya.

Historikal atau saeguk drama juga masih mendominasi tahun ini. Tentunya drama-drama tersebut juga memperlihatkan bagaimana kultur di Korea Selatan pada dinasti-dinasti terdahulu.

5. Anti Hero dan Distopia

Kunci perubahan terakhir dari K-drama di tahun 2021 ini merupakan tema anti hero yang diusung sederet drama sukses. Anti hero atau Dark Hero menghadirkan karakter pemeran utama yang tidak selalu baik. Bahkan nilai-nilai moral mereka dapat dipertanyakan.

Seperti misalnya karakter Vincenzo Cassano yang diperankan Song Joong Ki di drama “Vincenzo.” “Taxi Driver,” yang diperankan oleh Lee Je Hoon juga menempatkan karakter utama Kim Do Gi bukan sebagai tokoh protagonis biasa. Begitu juga peran Ji Sung sebagai Kim Yo Han di “The Devil Judge” yang tidak selalu menunjukan sifat dan moral positif.

Dunia distopia juga menjadi tema lain yang hadir dalam banyak serial drama tahun ini. Sebut saja seperti “Happiness”, “The Devil Judge”, “Hellbound” dan “Sisyphus: The Myth” yang menghadirkan sebuah dunia distopia dari berbagai sudut pandang.

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss