Rabu, Oktober 5, 2022

Latest Posts

5 Lagu Hits K-Pop Terbaik yang Menggunakan Elemen Musik Tradisional Korea

Perpaduan dari musik tradisional dan modern memang bukan hal baru. Meski di industri musik Korea Selatan, penggunaan elemen musik tradisional Korea sendiri masih jarang ditemui. Sehingga tidak heran, lagu hits K-pop terbari yang menggunakan elemen musik tradisional Korea pun mencuri perhatian.

Musik tradisional Korea memiliki berbagai elemen unik yang saat ini semakin mencuri perhatian pendengar internasional. Terlebih setelah sederet artis, bahkan idol group memyisipkan musik tradisional Korea tersebut ke dalam rilisan-rilisannya.

Di bawah ini merupakan 5 lagu hits K-pop terbaik yang sukses mencuri perhatian karena menggunakan elemen musik tradisional Korea.

1. “Pink Venom” – BLACKPINK

Lagu hits dari BLACKPINK ini bukan hanya mendulang kesuksesan berkat popularitas girl group besutan YG Entertainment tersebut sendiri. “Pink Venom” juga menjadi perbincangan berkat instrumen musik tradisional Korea Selatan yang digunakan.

Pre-single dari album terbaru BLACKPINK tersebut dibuka dengan menggunakan musik instrumen Geomungo. Menariknya, member BLACKPINK Jisoo tampil dengan memainkan instrumen musik tradisional tersebut. Bahkan Jisoo mendapatkan pelatihan khusus untuk bisa bermain Geomungo.

2. “Daechwita” – AGUST D

Rapper dari BTS ini juga berhasil mencuri perhatian melalui rilisan-rilisannya. Terlebih ketika Suga, yang menggunakan nama AGUST D untuk karir solonya meluncurkan album mixtape kedua ‘D-2’ pada Mei 2020 silam.

“Daechwita” menyisipkan musik tradisional dari militer Korea Selatan. Instrumen musik ini biasanya digunakan untuk mengumumkan kedatangan sang Raja. Cocok sekali bukan dengan tema lagu “Daechwita” sendiri?

Di sisi lain, sebenarnya cukup banyak lagu BTS yang menggunakan musik tradisional dari Korea Selatan. Meski tidak bisa dipungkiri, title track dari album solo mixtape Suga ini merupakan salah satu yang terbaik.

3. “Piri” – Dreamcatcher

Bila dibandingkan dengan rilisan di atas, lagu dari Dreamcatcher satu ini sangatlah underrated. Walau harus diakui, “Piri” merupakan salah satu lagu K-pop hits terbaik dalam menyisipkan instrumen tradisional dari Korea Selatan.

Seperti judulnya, “Piri” menggunakan alat musik tradisional dari Korea Selatan yang bernama Piri. Instrumen musik tersebut merupakan seruling buluh ganda yang biasanya digunakan di musik klasik dan dalam cerita-cerita dongeng.

Uniknya, Dreamcatcher memadukan Piri dengan instrumen musik tradisional lain. Terutama instrumen dan elemen musik pop-rock yang menjadi genre utama dari girl group tersebut.

Perpaduan antara Piri dengan gitar elektrik menjadikan lagu ini layak mendapat julukan yang terbaik.

4. “Hanryang”- Min Kyung Hoon, Kim Hee Chul, feat. BIBI

Satu lagi perpaduan elemen musik tradisional Korea Selatan dengan modern. Lagu kolaborasi dari Min Kyung Hoon, Kim Hee Chul, dan BIBI yang sukses menjadi hits ini memadukan antara beat tradisional Korea dengan musik hiphop.

Perpaduan tersebut sesuai dengan tema lagu “Hanryang” sendiri, yang menghadirkan musik hip hop di era Dinasti Joseon.

Bukan hanya musiknya saja yang unik. Video musik “Hanryang” pun tidak kalah mencuri perhatian. Di video musik untuk lagu hits ini, ‘Super Junior’ Heechul, Min Kyung Hoon, BIBI, dan Ateez tampil dengan mengenakan hanbook di latar belakang sebuah desa rakyat di Korea.

5. “I’m A B” – ‘MAMAMOO’ Hwasa

Hampir sama dengan “Pink Venom” dari BLACKPINK, Hwasa juga menghadirkan instrumen geomungo dalam lagu solo rilisannya. Elemen musik tradisional ini memang tidak dihadirkan di seluruh lagu. Namun sentuhan tradisional mengiringi koreografi dance saja sepertinya sudah cukup membawa “I’m A B” menjadi perhatian.

Terlebih irama dance pop dan disco yang disisipkan nyaris di seluruh lagu. “I’m A B” memang sepertinya layak disebut sebagai lagu hits K-pop terbaik!

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss