Minggu, November 27, 2022
From Korea With Love Concert

Latest Posts

7 TikTok Challenge yang Viral di Korea Selatan Tahun 2021

Seperti juga di banyak negara lain, TikTok menjadi media sosial populer di Korea Selatan. TikTok Challenge atau berbagai tantangan di TikTok pun berhasil menjadi viral. Menariknya, sebagian besar challenge yang menjadi viral tersebut berasal dari K-pop idol!

Menjadi viral di TikTok memang bukan perkara sepele. Ketika sebuah lagu berhasil menjadi viral, entah itu melalui challenge, cover, atau lainnya, maka bisa dijamin popularitasnya pun akan melesat naik. Tidak heran bila banyak agensi yang mencoba memviralkan rilisan group-group K-pop melalui TikTok.

Tentu saja tidak semua upaya untuk menjadi viral tersebut berhasil. Sepanjang tahun 2021 kemarin setidaknya hanya ada 7 TikTok challenge yang sukses menjadi viral di Korea Selatan. Berikut ini merupakan daftarnya.

1. Any Song Challenge

Tantangan satu ini diprakarsai oleh rapper, soloist, sekaligus produser musik ternama Zico. Lagu yang dirilis di awal tahun 2020 ini menjadi viral bahkan hingga di tahun 2021.

Tidak lama setelah merilis “Any Song,” Zico meluncurkan Any Song Challenges sebagai bagian dari promosi. Sang soloist menggandeng idol ternama seperti Chung Ha hingga ‘MAMAMOO’ Hwasa untuk melakukan tantangan ini.

Tidak menunggu lama, Any Song Challenge pun langsung ditirukan oleh penggemar. Sampai juga menjangkau publik di Korea Selatan. Bahkan juga di kalangan internasional.

2. Making a Lover Challenge

Making a Lover Challenge merupakan tantangan TikTok dengan lagu soundtrack “Boys over Flowers” yang dibawakan oleh SS501. Meski sudah dirilis satu dekade lalu, lagu ini kembali menjadi viral setelah digunakan sebagai background untuk TikTok challenge.

Di Korea Selatan, Making a Lover Challenge seringnya dilakukan oleh pasangan muda. Lagu pop klasik yang catchy ini cocok untuk koreografi dance sederhana dan pose yang imut. Sama sekali tidak mengherankan bila tantangan satu inipun menjadi tren dan viral sepanjang tahun.

3. NUNUNANA Challenge

Lagu hits dari Jessi inipun menjadi tantangan viral sepanjang tahun 2020 hingga 2021 di Korea Selatan. Irama dance yang catchy dari lagu ini cocok dengan koreografi keren yang dilakukan. Membuat semakin banyak pengguna TikTok yang seakan ketagihan untuk mengikuti NUNUNANA Challenge.

Jessi pun seakan menyadari penuh efek popularitas setelah NUNUNANA Challenge menjadi viral. Bukan saja lagu “NUNUNANA” yang merangkak naik di tangga lagu. Sang rapper ternama juga turut mempopulerkan dengan mengunggah berbagai versi berbeda dari challenge ini di sosial media.

4. Title Challenge

Korea Selatan juga terkena demam Meghan Trainor sepanjang tahun 2021 kemarin. Title Challenge, yang merupakan tantangan untuk lagu “Title” dari sang penyanyi berhasil menjadi tren viral.

Berbeda dengan beberapa TikTok Challenge lain, untuk Title Challenge ini para pengguna media sosial menggunakan koreografi dance berbeda. Beberapa bahkan menggunakan lagu ini untuk backsound di video.

5. #WANNABEITZY Challenge

ITZY pernah menjadi viral dengan lagu hits mereka, “WANNABE”. Bukan hanya lagunya saja yang berhasil mencetak popularitas, tantangan untuk lagu inipun menjadi tren viral tersendiri di TikTok.

#WANNABEITZY Challenge ditirukan bukan hanya oleh penggemar maupun pendengar K-pop. Melainkan juga oleh pengguna media sosial secara luas.

6. Permission To Dance Challenge

Dance challenge dari BTS inipun tidak kalah viral! Menariknya tantangan ini bukan saja seru dilakukan di TikTok. Melainkan juga memiliki banyak makna menyentuh.

Lagu yang ditujukan BTS sebagai penghiburan untuk penggemar di masa pandemi ini hadir dengan challenge yang menyertakan bahasa isyarat. BTS seakan hendak menunjukan simpati dan cinta mereka bagi penggemar dengan kekurangan khusus. Keren!

7. Here We Go Challenge

TikTok Challenge satu ini memang tidak ada hubungan dengan K-pop. Meski juga berhasil menjadi tren viral di Korea Selatan sepanjang tahun kemarin.

Untuk tantangan ini, biasanya dimulai dengan satu orang yang melakukan koreografi dance. Kemudian orang selanjutnya akan melanjutkan koreografi tersebut. Keseruan dari tantangan ini cocok bila dilakukan beramai-ramai.

 

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss

From Korea With Love Concert