OUR NETWORK
Minggu, November 18, 2018
OUR NETWORK

8 Lagu Korea Ini Liriknya Mengandung Pesan Sosial yang Powerful!

Bosen dengan lagu yang liriknya tentang cinta-cintaan mulu? Coba dengerin lagu-lagu dari para musisi Korea berikut ini deh, liriknya mengandung pesan sosial yang powerful banget!

Yoon Mirae – Black Happiness

Terkenal dengan lagu-lagu untuk soundtrack drama Korea, kali ini Yoon Mirae merilis lagu tentang belajar mencintai dirinya sendiri dan membahas isu rasisme dan diskriminasi yang sering ia alami selama ini.

Amber – Beautiful

Amber selalu berani menentang diskriminasi ketika orang mengajukan pertanyaan tentang gender dan gayanya. Trek solonya satu ini mengandung pesan yang kuat pesan mencinta diri dan individualitas.

Epik High – Lesson 5 (Timeline)

Epik High seringkali mengangkat isu sosial secara kritis dalam lagu-lagu mereka, dan salah satunya adalah lagu satu ini. Lesson 5 membahas tentang batasan yang semakin kabur antara kebenaran dan kebohongan, benar dan salah dalam masyarakat saat ini. Aduh berat!

Miss A – I Don’t Need a Man

Sesuai judulnya, lagu ini bercerita tentang cewek yang mandiri bisa hidup dengan baik-baik aja tanpa kehadiran seorang cowok di hidupnya.

EXO – MAMA

Lagu debut EXO ini tenryata mengandung lirik yang powerful tentang kurangnya komunikasi bermakna dalam masyarakat gara-gara internet, yaitu “Kami telah secara sukarela menjebak diri di penjara pintar. Kami mendasarkan kepribadian kami di dunia digital yang terbuat dari 0 dan 1”

g.o.d – Mother

Ibu tunggal seringkali mendapat stigma buruk di masyarakat Korea, tapi dalam lagu ini, g.o.d membahas kerennya para ibu tunggal yang telah bekerja keras. Nggak heran lagu ini legendaris banget sampai sekarang.

BTS – Can You Turn Off Your Phone

BTS juga mendapat perhatian karena kerap membahas masalah sosial di lagu mereka. Dalam lagu ini, mereka membahas tentang smartphone dan teknologinya yang telah mengurangi komunikasi tatap muka antar manusia.

K.Will – Please Don’t

Secara lirik, ini mungkin terdengar seperti hanya lagu perpisahan bagi beberapa pendengar , tapi ending dalam MV-nya benar-benar di luar dugaan!

Nah dari lagu-lagu yang mengandung pesan sosial di atas, lagu mana yang jadi favorit kamu?

Baca juga: Wajib Dengerin! Ini Dia 18 Lagu Kpop Underrated Yang Dirilis Di Paruh Pertama 2018

Comments

Loading...