OUR NETWORK
Minggu, Oktober 25, 2020
OUR NETWORK

9 Hal yang Berbeda Mengenai Tayangan Zombie dan Monster ala Korea

foto via netflix

Tayangan zombie dan monster asal Korea kini semakin digemari oleh banyak orang, termasuk serial original Netflix Kingdom yang sukses menjadi sensasi global. Keunikan latar belakang cerita serta penggambaran berbagai makhluk di tayangan Korea memiliki ciri khas tersendiri sehingga membedakannya dengan tayangan Hollywood. Berikut ini adalah sembilan hal yang perlu diketahui dari tayangan zombie dan monster asal Korea.

1. Zombie dan monster Korea bergerak lebih cepat

Salah satu hal yang membuat tayangan Korea lebih menyeramkan adalah penggambaran karakter zombie dan monster yang bergerak lebih cepat. Simak saja salah satu adegan yang menegangkan dari film The Host karya sutradara Bong Joon-ho. Ketika salah satu monster bergerak cepat dan mengejar para manusia yang berkeliaran, kita pasti akan ikut terbawa suasana dan berharap adegan tersebut segera usai.

2. Zombie Korea lebih pintar dari zombie pada umumnya

Zombie dari film #ALIVE menunjukkan hal-hal yang tak pernah terduga terutama dalam kemampuannya. Kita akan terkejut ketika melihat salah satu zombie memiliki sisa-sisa ingatan saat ia masih merupakan seorang pemadam kebakaran, dan berusaha memanjat gedung ketika ia melihat seutas tali yang terjuntai. Hal ini membuat kita berpikir bahwa kecerdasan zombie Korea tidak dapat diremehkan.

3. Tetap dapat menikmati keindahan Korea

Walaupun tayangan zombie cenderung memperlihatkan suasana kehancuran dunia, kita dapat menikmati pengalaman yang berbeda ketika menonton serial Kingdom. Selain suasana kerajaan dan budaya Korea, kita juga dapat menikmati pemandangan musim gugur yang indah sehingga membuat kita ingin mengunjungi Korea.

4. Selalu ada pahlawan yang berkorban dan peran antagonis

Selain adegan-adegan yang menegangkan, tayangan zombie asal Korea juga dilengkapi dengan unsur drama melalui karakternya sehingga turut memainkan emosi kita semua. Contohnya dua karakter yang bertolak belakang dalam serial Kingdom, yaitu Lee Chang (Ju Ji-hoon) sebagai pahlawan yang tidak pernah takut melawan zombie meskipun hal tersebut mengancam hidupnya, dan sebaliknya, karakter Cho Hak-ju (Ryu Seung-ryong) yang tidak peduli apapun selain kepentingannya sendiri dalam merebut takhta kerajaan.

5. Lambat laun situasi menjadi lebih menegangkan

Tak hanya serangan zombie yang semakin brutal, tayangan Korea selalu berhasil memainkan emosi penonton dengan elemen-elemen menegangkan lainnya – seperti dalam film #ALIVE ketika Oh Jun-u (Yoo Ah-in) dan Kim Yu-bin (Park Shin-hye) mulai kehabisan persediaan air serta makanan.

6. Perasaan yang bercampur aduk

Ketika menonton tayangan zombie dan monster asal Korea, kita tidak hanya dibuat tegang ketika para makhluk tersebut muncul, namun kita juga dapat merasakan berbagai emosi lainnya. Kita mungkin akan ikut peduli terhadap para karakter yang berjuang hidup, tertawa dengan berbagai adegan konyol, bahkan ikut menangis ketika menyaksikan salah satu adegan yang menyentuh hati.

7. Mengangkat isu sosial yang terasa familiar

Tayangan Korea juga mampu mengangkat isu sosial yang terasa familiar bagi para penonton, contohnya pada film Pandora di mana para petinggi negara dan juga pemerintah digambarkan mengecewakan masyarakat ketika bencana terjadi. Adegan tersebut memperlihatkan suasana ironi yang menyentuh hati.

8. Selalu dilengkapi dengan plot twist

Hal yang membuat tayangan Korea spesial adalah berbagai adegan yang tidak terduga. Tak heran jika kita dibuat tercengang ketika cerita tidak berjalan sesuai dengan ekspektasi awal serta menambah rasa tegang yang sudah ada.

9. Menampilkan kerja sama tim yang apik

Berbagai film dan serial zombie Korea akan membuat Anda terkesima dengan kerja sama yang apik dalam bertahan hidup. Dalam serial Kingdom, Anda akan melihat perjuangan Lee Chang dan para prajurit yang tersisa untuk menyelamatkan kerajaan sampai titik darah penghabisan. Tak hanya itu, film #ALIVE juga memperlihatkan kerja sama Jun-u dan Yu-bin yang mengesankan ketika mereka keluar dari zona aman dan menghadapi para zombie. Meskipun penuh dengan teror, Anda seakan masih diberikan harapan terakhir melalui karakter-karakter baik yang saling bekerja sama untuk bertahan hidup.

Comments

Loading...