Kamis, Oktober 6, 2022

Latest Posts

9 Lagu Dari KPOP Idol yang Ditulis Untuk Idol Group Lain (Part 1)

Saat ini semakin banyak bermunculan idol dengan banyak bakat serta talenta di dunia hiburan. Bukan hanya menguasai vokal, rap dan dance, beberapa dari mereka juga handal dalam menciptakan lagu. Untuk itu tak heran bila semakin banyak lagu dari KPOP idol yang diciptakan oleh idol lainnya.

Di bawah ini merupakan daftar sederet lagu dari KPOP idol yang ditulis untuk idol group lain. Beberapa mungkin tidak kamu ketahui ditulis oleh bias kesayangan!

1. UP10TION – “Stuck on You” (2016)

Composition: Wonpil, Young K, Sungjin, Daniel Kim
Lyrics: Wonpil, Young K, Sungjin, Daniel Kim
Arrangement: Daniel Kim, Wonpil

“Stuck on You” merupakan lagu dari KPOP idol pertama dari daftar ini yang ditulis oleh idol lain. Dibawakan oleh boy group UP10TION, track untuk mini album kelima “BURST” ini justru ditulis dan dibuat oleh para member band DAY6, Wonpil, Young K, dan Sungjin.

Diciptakan oleh member band dengan kemampuan bermain instrumen di atas rata-rata, tak heran bila “Stuck on You” memiliki warna khusus. Ditambah pula tentunya dengan karakter khas dari UP10TION sendiri.

2. I.O.I – “Downpour” (2017)

Composition: Woozi, Won Young Heon, Dongnaehyung, Yama Art
Lyrics: Woozi
Arrangement: Won Young Heon, Dongnaehyung, Yama Art

Lagu terakhir dari girl group I.O.I sebelum resmi disband ini dibuat oleh produser musik ternama sekaligus member dari boy group SEVENTEEN, Woozi.

Selain menciptakan sederet hits untuk group besutan Pledis Entertainment tersebut, Woozi memang juga menulis untuk idol group lain. Salah satunya lagu perpisahan melankolis “Downpour” untuk I.O.I ini dan juga “Thankful for You” untuk ‘NU’EST’ Baekho.

Bila lagu ciptaannya untuk boy group SEVENTEEN condong pada musik up yang catchy, maka saat menulis untuk idol lain, Woozi justru condong pada musik ballad pop. “Downpour” merupakan contoh nyata dimana member I.O.I dan juga para penggemar sukses berlinang air mata saat lagu ini dibawakan.

3. PENTAGON – “Beautiful” (2017)

Composition: Ilhoon, IL
Lyrics: Ilhoon, IL
Arrangement: IL, Ilhoon

Lagu dari KPOP idol berikutnya yang sangat layak menjadi perhatian diciptakan oleh member BTOB, Ilhoon. Selain sederet track ciptaannya yang lain seperti “Get Outta My House,” untuk HyunA, “HUSH” untuk “MIXNINE,” dan juga “COOKIES” yang dibawakan oleh Lee Hong Ki, “Beautiful” menunjukan sisi lain dari kemampuan Ilhoon.

Track untuk boy group PENTAGON ini mengusung genre ballad pop yang mengutamakan warna vokal dari para member. Menunjukan bagaimana Ilhoon mampu menciptakan lagu yang pas untuk penyanyi yang akan membawakannya. Bravo!

4. Girls Next Door – “Deep Blue Eyes” (2017)

Composition: Jinyoung
Lyrics: Jinyoung, Moonbyul, D.ana
Arrangement: Jinyoung, Kang Myung Shin

Track berikutnya yang diciptakan oleh KPOP idol juga tak kalah apik. Mantan member dari boy group B1A4 yang juga merupakan produser musik serta aktor, Jinyoung memang sudah menulis sederet hits. Terutama untuk girl group.

Beberapa hits dari Jinyoung antara lain seperti “At the Same Place” untuk “Produce 101,” “When the Cherry Blossoms Fade” dan “Hold On” untuk girl group I.O.I, dan juga “Step by Step” untuk Oh My Girl. “Deep Blue Eyes” yang ditulis untuk project group Girls Next Door pun menjadi berikutnya.

Girls Next Door merupakan group yang terdiri dari member girl group ternama seperti  ‘MAMAMOO’ Moonbyul, ‘Red Velvet’ Seulgi, ‘Oh My Girl’ YooA, ‘SONAMOO’ D.ana, Kim So Hee, ‘Lovelyz’ Sujeong, dan juga Jeon Somi. Walau pun “Deep Blue Eyes” lebih upbeat dari ciptaan Jinyoung yang lain, lagu ini tetap meraih sukses besar!

Latest Posts

Don't Miss