OUR NETWORK
Sabtu, Februari 27, 2021
OUR NETWORK

Apa Sih Tujuan Grup Kpop Membuat Sub-Unit? Ini Dia!

Beberapa grup Kpop punya yang namanya sub-unit dan saat ini hal tersebut makin populer di dunia Kpop. Btw, udah tahu belum sih apa itu sub-unit? Sub-unit yaitu grup yang beranggotakan antara 2-3 member atau bahkan lebih yang diambil dari grup yang sama. Yah intinya sih “anak grup” dari sebuah grup Kpop.

Baca juga: Unik Banget! 2 Grup Kpop Ini Leader-nya Adalah Sang Maknae

Nah, yang bikin penasaran, sebenarnya apa sih tujuan dibikinnya sub-unit dari sebuah grup? Padahal kalau suatu grup mau comeback kan lebih seru kalau semua member terlibat, nggak hanya beberapa member aja, bener nggak? Untuk itu, kali ini Mimin akan nyari hal-hal yang mungkin jadi alasan kenapa ada yang namanya sub-unit nih. Mau tahu? Yuk kepoin ~

Menyuguhkan konsep yang beda dari yang biasa dibawain grup asli

Suatu grup biasanya punya yang namanya konsep, seperti seksi, cute, innocent, dll. Tapi saat beberapa member ingin mencoba konsep yang beda banget dengan yang biasa dimiliki oleh grupnya, mereka pun akhirnya membentuk sub-unit. Contohnya, seperti After School punya konsep yang seksi tapi 3 membernya tergabung dalam sub-unit Orange Caramel yang punya konsep quirky. Beda banget kan?

Mencoba warna musik yang beda

Selain konsep, warna musik yang diusung tiap grup juga selalu punya ciri khas masing-masing. Seperti Bigbang yang punya warna musik pop, mereka punya sub-unit GD&TOP yang warna musiknya hiphop.

Memberi kesempatan berkarya member-member yang punya minat dan kemampuan sama

Beberapa member grup mungkin punya minat yang sama pada suatu hal atau punya skill yang sama. Hal itu bisa ditandai dari posisi mereka yang sama di grup, seperti sama-sama jadi vocal atau sama-sama jadi rapper. Misalnya aja TTS alias TaTiSeo, sub-unit dari SNSD yang ketiga membernya merupakan sama-sama vocal-line di SNSD.

Untuk fokus dipromosikan di Negara lain

Grup Kpop biasanya nggak hanya dipromosikan di Korea aja lo, tapi juga Negara-negara lain seperti Jepang dan China. Cara yang dilakukan agensi untuk promosi biasanya juga nggak hanya merilis lagu dalam bahasa asing, tapi juga membentuk sub-unit seperti contohnya adalah EXO-M dan Super Junior M yang khusus untuk promosi di China.

Untuk promosi member yang jarang aktif di luar kegiatan grup

Kepopuleran dan banyaknya job tiap member di luar kegiatan grup kadang beda-beda dan porsinya nggak sama bahkan beda banget. Misalnya aja idol A promo album solonya, idol B main drama, dan idol C main variety show, sementara idol D, E, F nggak ada kegiatan, padahal mereka semua satu grup. Nah untuk itu agar semuanya punya eksistensi dan penghasilan yang sama, dibentuk deh sub-unit yang beranggotakan member D, E, dan F.

Nah kalau menurutmu, apa lagi nih alasan dibentuknya suatu sub-unit di grup Kpop? Share jawabanmu yuk!

Comments

Loading...