Kamis, Oktober 21, 2021

Latest Posts

Asal Mula Terciptanya Budae Jjigae, Mie Rebus Campur ala Korea

Pernah tahu atau bahkan pernah nyobain kuliner Korea bernama Budae Jjigae? Rebusan yang terkenal satu ini terdiri dari mie ramen instan, tteok, gochujang, fish-cake, dumpling, sosis, daun bawang, jamur, daging, sayuran dan lain-lain.

Dibalik kenikmatannya, Budae Jjigae ternyata punya cerita yang menarik pada asal mula pembuatannya.  Budae Jjigae jika diartikan ke bahasa Indonesia menjadi ‘Sup Pangkalan Militer’. Yup, makanan ini tercipta di sebuah pangkalan militer, tepatnya di kota Uijeongbu, Provinsi Gyeonggi. Pada saat berakhirnya perang, masayarakat Korea pun mengalami krisis pangan. Mereka pun akhirnya memanfaatkan makanan-makanan yang ada di pangkalan militer Amerika di sana, berupa daging kalengan dan ham. Untuk mendapatkan cita rasa khas Korea, mereka menambahkan bumbu gochujang serta sayur-sayuran dan merebusnya bersamaan dalam panci besar.

Baca juga: Susu Legendaris Korea, Banana Milk

Kreasi makanan tersebut semakin populer hingga tersebar di restoran-restoran setempat. Di tahun 1980, masyarakat pun mulai mulai menambah bahan-bahan lain dalam makanan ini, seperti ramen, tteok, fish-cake, dumpling, dan lain sebagainya.

Asal Mula Terciptanya Budae Jjigae, Mie Rebus Campur ala Korea 1

Sampai saat ini tempat terciptanya Budae Jjigae ini masih ada lo! Dan menjadi lokasi yang iconic di Uijeongbu.

Asal Mula Terciptanya Budae Jjigae, Mie Rebus Campur ala Korea 2

Hmm, jadi pengen makan Budae Jjigae gak nih chingu?

Baca juga: 7 Makanan Korea yang Katanya Pedes Minta Ampun

Sumber: Home Nibble

Latest Posts

Don't Miss