Jumat, September 22, 2023

Latest Posts

Asosiasi Musik Internasional Menemukan Bahwa 8 Dari 10 Penjualan Album Global Teratas Pada Tahun 2022 Adalah Album Kpop

Tahun lalu, delapan dari sepuluh album fisik tradisional terlaris di seluruh dunia ternyata adalah album Kpop.

Menurut ‘Album terlaris di seluruh dunia pada tahun 2022’ yang diumumkan oleh Federasi Internasional Industri Fonografi pada 28 Maret KST, album antologi BTS (peringkat 2) ‘Proof’ memimpin delapan album Kpop di 10 besar survei ini.

BTS ‘Proof’, yang juga menduduki puncak chart album utama Billboard AS ‘Billboard 200’, adalah peringkat tertinggi oleh penyanyi Korea. Secara khusus, BTS masuk 5 besar di tangga lagu selama 3 tahun berturut-turut, membuktikan status mereka sebagai ikon pop abad ke-21.

Mini album ke-7 Stray Kids (yang mencapai puncak ‘Billboard 200 dua kali tahun lalu) ‘MAXIDENT’, berada di posisi ke-4. Secara khusus, Stray Kids masuk 10 besar dengan dua album dengan menempatkan mini album ke-6 mereka ‘ODDINARY’ di nomor 8 di tangga lagu. Kedua album tersebut mencapai puncak Billboard 200.

Grup Seventeen menempati peringkat ke-5 di chart dengan album ke-4 mereka ‘Face the Sun’. Seventeen juga masuk 10 besar dengan dua album, termasuk repackage ke-4 ‘SECTOR 17’, yang menduduki peringkat ke-9.

ENHYPEN naik ke posisi 6 dengan mini album ke-3 mereka ‘MANIFESTO: DAY 1’.

Album full-length ke-2 BLACKPINK ‘Born Pink’, yang juga menduduki puncak ‘Billboard 200’, berada di posisi ke-7. Grup Tomorrow X Together menempati posisi ke-10 dengan mini album ke-4 mereka ‘minisode 2: Thursday’s Child’.

Secara khusus, HYBE yang memiliki ‘sistem multi-label’ memiliki total lima album dari empat grup, yaitu BTS, TXT (Big Hit Music), Seventeen (Pledis Entertainment), dan ENHYPEN (Bellift Lab), menunjukkan potensi mereka dengan masuk total lima album di 10 besar. JYP Entertainment dan YG Entertainment menyelamatkan muka sebagai agensi Kpop besar masing-masing dengan Stray Kids dan BLACKPINK.

Tempat pertama dalam survei diambil oleh album penuh ke-15 bintang top Taiwan Zhou Jerun ‘Greatest Works of Art’. Taylor Swift yang baru saja merilis album ke-10 ‘Midnights’ berada di urutan ketiga.

Sementara itu, Asosiasi Industri Musik Internasional adalah perwakilan organisasi industri musik dengan lebih dari 8.000 label rekaman di seluruh dunia sebagai anggota. Bagan Penjualan Album Global memeringkat album terlaris tahun ini berdasarkan jumlah album fisik (CD, vinil, dll.) yang terjual di seluruh dunia dan jumlah unduhan berbayar.

Sumber: (1)

Latest Posts

Don't Miss