OUR NETWORK
Selasa, April 7, 2020
OUR NETWORK

Begini Rasanya Kerja di SM Entertainment Menurut para Mantan Staff-nya

Sebagai Kpopers, tentunya sudah menjadi cita-cita kita untuk bisa bekerja di bidang yang bakal bikin dekat dengan para idol, seperti bekerja di sebuah agensi Kpop misalnya. Apalagi bekerja di sebuah agensi sekelas SM Entertainment, wuiih, pasti goals banget kan!

Yang ada dibayangan kita saat menjadi staff dari SM, tentu aja bisa sering ketemu bahkan akrab dengan idol-idol mereka. Duh, siapa yang sanggup nolak ya? Eits tapi ternyata kenyataan berkata lain guys. Berdasarkan penuturan para mantan staff di SM, bekerja di sana ternyata jauh dari kata menyenangkan. Ya semacam tak seindah harapan gitu deh. Wah, kira-kira kenapa ya? Yuk kita kepoin faktanya berikut ini!

8 Maret 2017, Mantan Bagian Media/Promosi

“Mungkin kamu akan merasa bangga karena bekerja di perusahaan yang besar seperti SM, tapi gajinya cukup kecil.”

Kelebihan:

  • Atmosfirnya tidak membosankan karena memang industry hiburan, kami bisa melihat selebriti setiap saat.”

Kekurangan:

  • “Kami tidak bisa menatap para selebriti.”
  • “Batasan-batasan yang diberikan oleh perusahaan cukup ketat.”
  • “Jika suatu hal menjadi sukses itu dikarenakan oleh artisnya, jika suatu hal telah gagal itu adalah karena ulah para staff.”

“Tolong hilangkan mindset bahwa artis memiliki pengaruh lebih kuat daripada para staffnya. Saya tidak merekomendasikan perusahaan ini.”

23 Februari 2017, Mantan Manager

“Perusahaan ini terlihat baik-baik saja dari luar tapi lebih buruk dari perusahaan kecil di dalamnya. Kamu bisa merasakan sebuah lingkungan yang tidak masuk akal.”

Kelebihan:

  • “Kamu bisa memilih kapan waktu untuk datang ke kantor dan pulang”
  • “Bebas untuk memakai apa saja semaumu untuk ke kantor”

Kekurangan:

  • “Gaji dan keuntungannya nggak jelas. Semakin banyak bekerja untuk perusahaan ini makan akan semakin rugi.”
  • “Mereka lebih suka pegawai yang pernah bekerja di perusahaan besar.”

“Perlu ada pembayaran dan keuntungan yang rasional, jangan anggap pegawai adalah budak tapi mereka adalah asset. Saya tidak merekomendasikan perusahaan ini.”

17 Februari, Mantan Bagian Distribusi

“Perusahaan ini cocok bagi yang memang punya passion di dunia hiburan dan siap berkorban. Jika kamu tertarik hanya karena tertarik pada selebriti, hal itu cuma akan buang-buang waktu.”

Kelebihan:

  • “Suasanya nyaman dan indah,”
  • “Bagus untuk memperoleh pengalaman karena meurapak perusahaan terkenal.”
  • “Selain pekerjaan utama, akan belajar dan mengerjakan hal lain juga.”

Kekurangan:

  • “Seperti perusahaan entertainment lainnya, gajinya masih di bawah standar. Dengan bayaran sedikit tapi mereka mengharapkan banyak hal. Bikin jarang pulang, banyak shift malam, dan beberapa pegawai lain bahkan masih bekerja di akhir pekan.”

“Sebaiknya kalo menyuruh pegawai untuk bekerja lebih keras, gaji mereka harusnya juga ditambah. Saya tidak merekomendasikan perusahaan ini.”

Comments

Loading...