Rabu, September 29, 2021

Latest Posts

BigHit Music Beri Pernyataan Resmi dan Tegaskan Tak Ada Masalah Hak Cipta Pada Lagu ‘Butter’

Setelah diterpa rumor plagiarisme, BigHit Music sebagai agensi dari BTS sampaikan klarifikasi terkait hak cipta dari lagu BTS yang berjudul ‘Butter’.

Awal rumor plagiarisme ‘Butter’ beredar.

Pada bulan ini, muncul rumor plagiarisme yang menimpa boy group terkenal BTS terutama pada lagu populer mereka yang berjudul ‘Butter’.

Hal ini berawal dari dipostingnya bagian lagu berjudul ‘You Got Me Down’ dari Luca Debonaire yang sebelumnya dikenal sebagai DJ dan komposer Belanda. 

Bagian reff dari lagu ‘You Got Me Down’ yang dirilis pada tahun lalu itu disebut – sebut memiliki kesamaan dengan bagian lagu ‘Butter’ dari BTS. Rumor tersebut akhirnya menyebar di berbagai media online. 

BigHit Music sampaikan tak ada masalah hak cipta dalam lagu ‘Butter’

Kemudian pada hari ini, tanggal 22 Juli 2021, salah satu media Korea Newsen memberitakan bahwa BigHit Music telah memberikan klarifikasi terkait hak cipta pada lagu ‘Butter’.

Mengenai hak cipta dalam lagu ‘Butter’ BigHit Music selaku agensi yang menaungi BTS mengatakan dengan tegas dan jelas:

“Telah dikonfirmasi bahwa tidak ada masalah hak cipta terkait “Butter.” Ini adalah lagu yang telah diselesaikan dan dirilis setelah menjalani proses konfirmasi dengan semua penulis lagu bahwa tidak ada masalah dengan lagu tersebut, dan juga tidak ada masalah saat ini mengenai hak lagu tersebut. Namun, kami mengetahui klaim bahwa ada isu terkait hak cipta, tetapi meskipun demikian, hak musik tetap menjadi milik “Butter.”

Sementara itu, selain pernyataan BigHit Music ini, diketahui bahwa lagu ‘You Got Me Down’ dari Luca Debonaire yang disebut memiliki bagian melodi yang sama dengan ‘Butter’ adalah lagu dengan melodi ataupun musik yang dibeli oleh Luca Debonaire dari Sebastian, dan Sebastian adalah salah satu penulis lagu yang terlibat dalam produksi lagu ‘Butter’. 

Hal ini tentunya menjadi penegasan untuk para penyebar isu yang menuduh bahwa lagu ‘Butter’ adalah hasil plagiarisme.

Source: media Korea Newsen 

Latest Posts

Don't Miss