Rabu, Juli 6, 2022
Geomedia - JFK 2022

Latest Posts

Bikin Patah Hati, Ini 14 K-pop Group yang Bubar di Tahun 2021 (Part 1)

Di tahun 2021 ini terdapat sederet K-pop group yang bubar secara mengejutkan. Beberapa dari group-group ini bahkan meraih sukses di internasional maupun di negara asalnya, Korea Selatan. Keputusan mereka untuk bubar tentu saja membuat penggemar patah hati.

Pembubaran sebuah group nyaris selalu berujung dengan kesedihan dan rasa patah hati penggemar. Di tahun 2021 ini, sederet group K-pop mengumumkan pembubaran. Beberapa pembubaran tersebut sudah diketahui oleh penggemar sebelumm pengumuman resmi. Sedangkan sebagian besar lain justru sama sekali tidak diduga.

Berikut ini merupakan bagian pertama dari daftar 14  K-pop group yang bubar di tahun 2021. Semoga tidak ada group kesayangan kalian, ya!

1. IZ*ONE

Pembubaran IZ*ONE memang sudah diketahui oleh penggemar. Meski tidak bisa disangkal, ketika hari tersebut tiba, masih banyak penggemar yang merasa patah hati. IZ*ONE merupakan project group besutan ‘Produce 48’ yang sebut pada tahun 2018.

Sesuai dengan kontrak, group ini akan promosi selama 2,5 tahun sebelum akhirnya bubar. IZ*ONE pun resmi mengumumkan pembubaran mereka pada April 2021 lalu.

2. GFriend

K-pop group yang bubar di tahun 2021 ini menjadi salah satu paling mengejutkan. GFriend diumumkan bubar di bulan Mei 2021. Tidak lama setelah mereka sukses dengan sederet comeback dan perilisan album.

Keputusan GFriend untuk bubar dikarenakan kontrak mereka sudah berakhir. Member girl group yang debut di tahun 2015 itupun kompak untuk meninggalkan agensi dan membubarkan GFriend.

3. Lovelyz

Pengumuman bubar Lovelyz juga cukup mengejutkan. Terutama karena girl group ini cukup sukses secara internasional maupun di Korea Selatan.

Meski begitu, pada November 2021 kemarin Woolim Entertainment mengumumkan kontrak member Lovelyz sudah berakhir. Hampir semua member, kecuali Baby Soul memutuskan keluar dari agensi Woolim Entertainment. Sehingga Lovelyz pun dipastikan bubar.

Bubarnya Lovelyz membuat penggemar benar-benar patah hati. Terutama karena girl group dengan 8 orang member yang debut pada tahun 2014 tersebut mengumumkan bubar tepat pada anniversary mereka.

4. Seven O’Clock

Diantara pengumuman pembubaran K-pop group di tahun ini, Seven O’Clock bisa jadi paling membuat penggemar bingung. Seven O’Clock merupakan boy group dengan 7 orang member yang debut dari survival show ‘Under 19.’ Pada Maret 2021 kemarin, agensi mengumuman bahwa aktivitas group ini berakhir.

Walau begitu, tidak begitu lama Seven O’Clock justru meneruskan promosi. Mereka meneruskan promosi dengan 5 orang member sedangkan 2 orang member lain dalam hiatus.

Hingga saat ini belum ada pengumuman lanjutan dari agensi mengenai keputusan untuk membubarkan Seven O’Clock, sesuai pengumuman sebelumnya, atau malah meneruskan promosi group ini.

5. Berry Good

Berry Good menjadi girl group berikutnya yang bubar di tahun ini. Debut di tahun 2014, Berry Good sudah harus lebih dulu mengalami kehilangan para membernya setelah kontrak berakhir. Go Woon dan Seo Yul mengumumkan keluar dari agensi dan mundur sebagai member Berry Good.

Tidak begitu lama kemudian, agensi lantas mengumumkan pembubaran girl group ini. Melalui pernyatannya, keputusan untuk bubar diambil setelah mengingat kerja keras Berry Good sejak debut.

6. Hotshot

Setelah debut cukup lama, pada Maret 2021 Hotshot memutuskan untuk bubar. Keputusan untuk bubar memang sudah cukup diantisipasi oleh penggemar. Meski tetap meninggalkan rasa patah hati. Beberapa member Hotshot pun sebelumnya sudah lebih aktif promosi secara solo maupun di survival show.

Ha Sung Woon merupakan salah satu member yang lebih aktif promosi solo setelah project boy group Wanna One bubar. Sedangkan beberapa member lain juga promosi di group UNB serta JBJ.

7. 1TEAM

K-pop group yang bubar berikutnya merupakan 1TEAM. Pengumuman bubar boy group ini pun cukup mengejutkan. Terutama karena para membernya meraih popularitas dari survival show seperti ‘MIXNINE’ dan ‘Boys24.’

Setelah promosi sejak debut di tahun 2019, pada Maret 2021 kemarin agensi mengumumkan keputusan 1TEAM untuk bubar. Sayangnya agensi maupun para member tidak menjelaskan lebih lanjut alasan dari pembubaran boy group ini.

Masih penasaran? Lanjut ke part kedua artikel ini ya!

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss