OUR NETWORK
Senin, Maret 8, 2021
OUR NETWORK

Drama Komedi Kolosal “Mr. Queen” Dapat Kecaman Netizen Karena Dianggap Mengejek dan Mengubah Sejarah Korea

Drama Sabtu-Minggu baru tvN ‘Mr. Queen’ saat ini tengah mendapat kritik keras pasca penayangan perdananya setelah terlibat dalam beberapa kontroversi juga sebelumnya.

Dibintangi oleh Shin Hye Sun, Kim Jung Hyun, dan banyak lagi, ‘Mr. Queen’ adalah drama kolosal Korea yang diadaptasi dari novel China karya Xian Chen serta serial drama web China. Ceritanya adalah tentang seorang pria dari zaman modern yang terlibat dalam kecelakaan aneh, dan saat terbangun jiwanya telah ada di tubuh ratu dinasti Joseon yang baru menikah.

foto via allkpop

Sebelum episode perdana tayang, ‘Mr. Queen’ telah menyebabkan debat kontroversial online karena beberapa netizen menuduh novelis asli Xian Chen rasis terhadap orang Korea di masa lalu. Netizen mengatakan bahwa di karya masa lalunya yang lain, Xian Chen berulang kali menggunakan bahasa gaul yang menghina untuk mengejek orang Korea.

Setelah itu, produser utama ‘Mr. Queen’ angkat bicara untuk mengatasi masalah tersebut, menjelaskan, “Memang benar bahwa drama ini didasarkan dari novel China asli; namun, satu-satunya elemen yang benar-benar kami adaptasi dari karya aslinya adalah bahwa jiwa dari pemeran utama pria berakhir di tubuh ratu. Sisa ceritanya sangat berbeda.”

Kemudian, setelah penayangan perdana episode 1 dan 2 akhir pekan kemarin, drama tersebut semakin menjadi kontroversi.

Saat ini, netizen menuduh drama tersebut mengejek sejarah Korea dan mengubahnya secara tidak bertanggung jawab. Dalam satu adegan, ratu dituduh melakukan seksualisasi terhadap catatan sejarah terkait hubungan keluarga kerajaan. Di sisi lain, drama tersebut memasukkan komentar bercanda tentang ritual leluhur kerajaan di Kuil Jongmyo, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO. Dalam adegan lain, sebuah rumah pelacuran disebut dengan satir mengolok-olok kontroversi ‘Burning Sun’ yang terkenal itu.

Selama episode 2 yang ditayangkan pada 13 Desember, Ratu Shinjeong, istri Putra Mahkota Hyomyeong, digambarkan sebagai seorang wanita yang terobsesi dengan takhayul. Penggambaran ini mendapatkan suara prihatin dari masyarakat leluhur Ratu Shinjeong, yang menyatakan bahwa tokoh sejarah tidak boleh diejek begitu saja.

Banyak netizen berkomentar bahwa meskipun secara teknis itu adalah drama komedi, ‘Mr. Queen’ telah cukup keterlaluan dalam merombak sejarah Korea, terutama pada saat drama sejarah Korea sedang banyak dinikmati secara internasional.

Sumber: (1)

Comments

Loading...