OUR NETWORK
Rabu, November 20, 2019
OUR NETWORK

Film 1987: When the Day Comes dan Kisah Nyata Salah Satu Tragedi Nahas di Korea

foto via hancinema.net

Korea Selatan sekarang ini memang dikenal dengan Hallyu-nya yang cukup mendominasi dunia hiburan di dunia. Tapi bukan berarti Negeri Ginseng tidak pernah mengalami pergolakan dan mulus-mulus saja. Di masa Korea 1987, terdapat kejadian memilukan yang bisa mengubah Korea Selatan jadi negara yang bebas seperti sekarang.

Di film Korea 1987: When the Day Comes diceritakan tentang sebuah tragedi nahas yang pernah membuat gerakan mahasiswa saat itu berduka. Buat yang haus dan suka dengan film yang ada unsur sejarahnya, K-movie yang tayang pada 2017 ini worth buat kamu tonton, guys!

Yeo Jin Goo sebagai Park Jong Chul

foto via hancinema.net

Kim Yun Seok sebagai Park Cheo Won

foto via hancinema.net

Ha Jung Woo sebagai jaksa Choi

foto via hancinema.net

Park Hee Soon sebagai detektif Jo

foto via hancinema.net

Lee Hee Joon sebagai wartawan Yoon

foto via hancinema.net

Yoo Hae Jin sebagai sipir Byeong

foto via hancinema.net

Kim Tae Ri sebagai Yoon Hee

foto via hancinema.net

Cerita bermula ketika seorang mahasiswa bernama Park Jong Chul dinyatakan meninggal saat diinterogasi oleh polisi. Saat itu, petugas kepolisian sedang gencar memburu orang-orang komunis. Rezim militer berkuasa, mereka jadi semena-mena dan seenaknya menangkap warga sipil. Apalagi saat itu Park Cheo Won yang memegang kendali untuk kasus ini.

foto via hancinema.net

Kematian Park Jong Chul ini masih menjadi misteri. Keluarganya tidak diizinkan untuk bertemu dan jasadnya dikremasi secara paksa. Wartawan, jaksa, dan rekan sesama mahasiswa tentu tidak puas dengan klarifikasi dari kepolisian.

foto via hancinema.net

Menguak fakta dengan caranya masing-masing, ada banyak pihak yang terlibat. Ada jaksa Choi yang nggak gentar melawan Park Cheo Won, detektif Jo yang jadi kambing hitam, dan wartawan Yoon yang kritis saat mencari narasumber.

foto via hancinema.net

Kasus ini menunjukkan titik terang saat sipir Byeong sering meminta tolong keponakannya Yeon Hee untuk memberikan buku catatan kepada pendeta di gereja katolik dekat rumahnya. Bukan catatan biasa, di situ sudah tertulis tentang nama petugas polisi yang menyiksa Park Jong Chul. Bagaimana si sipir bisa tahu? Karena dia jadi saksi mata soal penyiksaan tersebut.

foto via hancinema.net

Perjuangan menguak kematian Park Jong Chul ini juga diberi bumbu-bumbu asmara di beberapa pemainnya. Bukan film romantis, ending dari film ini tidak seperti dongeng yang berakhir bahagia. Walau tidak bahagia, karena Park Jong Chul rezim militer berhasil digulingkan dan Korea bisa menjadi negara demokrasi hingga detik ini.

Comments

Loading...