Kamis, Februari 2, 2023

Latest Posts

Gini Nih Selamatan ala Korea Selatan

Selametan rumah baru bukan di Indonesia aja K-popers, ternyata di Korea juga ada budaya seperti itu lho. Tapi karena mayoritas orang Korea gak memiliki agama, cara selametannya beda. Yang jelas bukan ngundang ustadz ya, Guys.

[FOTO 1]Budaya selametan rumah baru ini disebut ”jibdeuril”, singkatnya sih “jib” itu artinya rumah, jadi selametan buat rumah baru di Korea sering disebut jibdeuril. Kalau di Indonesia sih istilahnya banyak, tergantung bahasa di daerah masing-masing.

via GIPHY

Bukan cuma pindahan aja, jibdeuril juga dilakuin buat selametan pasangan suami-istri yang baru menikah. Mereka bakal ngundang temen-temen deketnya, temen yang pernah dideketinnya, terutama keluarga besarnya buat makan-makan di rumahnya.

Karena orang Korea punya budaya selalu membawa hadiah setiap bertamu, mereka biasanya bawa tisu toilet, sabun diterjen, dan korek api buat dihadiahin ke yang punya acara. Lumayan tuh, cuma modal ceban udah bisa dateng ke acara selametan.

via GIPHY

Naaaaah, pertanyaannya, “BUAT APAAN TISU TOILET DIHADIAHIN?!”

via GIPHY

Eeitts! Jangan emosi dulu K-popers, ternyata semua itu punya artinya masing-masing:

Tisu Toilet

Orang-orang Korea menganggap tisu toilet melambangkan segala sesuatu yang diinginkan berjalan dengan mulus, karena tisu toilet mudah larut dalam air. Mungkin tujuannya buang air besar, Guys.

via GIPHY

Sabun Detergen

Bukan bertujuan buat nyuruh nyuci yang punya rumah ya Guys, tapi sabun deterjen ini melambangkan agar tuan rumah dapet rezeki yang melimpah seperti busa deterjen tersebut. Jadi buat kamu yang punya cowok, suruh sering-seringlah main sabun biar kaya.

via GIPHY

Korek Api

Benda ini dihadiahkan karena punya makna yang sangat diinginkan orang-orang Korea, yaitu biar cepet kaya secepat api menyala. HELLOWWWWW! Kalo mau cepet kaya tuh hadiahin APBN Negara, bukannya korek api.

via GIPHY

Naaaah, kalo selametan di rumah kalian biasanya dibawain apa Guys?

Latest Posts

Don't Miss