OUR NETWORK
Selasa, November 19, 2019
OUR NETWORK

Ih Waw, Akhirnya Lagu Kpop Diizinkan Diputar di Korea Utara untuk Pertama Kali!

Korea Selatan Korea Utara

Kpop sebenarnya telah secara resmi dilarang di Korea Utara selama 40 tahun di bawah pemerintahan komunis. Namun berkat Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, lagu-lagu dari Korea Selatan bisa dimainkan di Korea Utara untuk pertama kalinya.

Salah satu media berita di Korea mengatakan, group musik dari Korea Utara yang bernama Samijyon Orchestra “memainkan beberapa lagu dari Selatan” yang artinya telah membawakan lagu-lagu yang berasal dari Korsel. Dan lagu-lagu ini dimainkan di hadapan para pejabat Korea Utara di Pyeongyang.

olimpiyc winter pyeongchangKonser tini diadakan untuk merayakan kembalinya delegasi pop Korut dari tur mereka ke Selatan. Dalam konser ini mereka memberikan dua pertunjukan – satu di Gangneung, dekat Pyeongchang, dan yang lainnya di Seoul.

Selain itu, lagu-lagu yang dimainkan di Pyongyang termasuk lagu kebangsaan Korea kuno seperti “Arirang,” yang populer di kedua sisi perbatasan, dan lagu-lagu K-Pop Korea Selatan yang berasal dari tahun 1990an dan awal 2000an. Wah wah wah, kita tahu gak ya lagu-lagu pada masa-masa itu?

olimpiyc winter pyeongchangJika kita melihat sejarah Korea Utara beberapa tahun ke belakang, sebenarnya meskipun K-Pop dilarang di Korea Utara, pemimpin akhir Kim Il Sung dan Kim Jong Il, dilaporkan cukup menyukai musik. Kim Jong Il bahkan membiarkan lagu terpilih dimainkan di depan umum pada tahun 2000 setelah sebuah pertemuan puncak antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Nah, kalau Kim Jong Un, ia pernah membuat sejenis Kpop band gitu yang bernama Moranbang Band. Group ini ia bentuk pada tahun 2012. Ini dia penampakannya:

Moranbang BandDari berita diputarnya lagu dari Korea Selatan di Korea Utara, banyak warga yang berharap agar hal ini menjadi pertanda bahwa kedua negara ini bisa berdamai. Wah amin deh ya…

Baca juga: Maranbang, Girlgroup Asal Korea Utara yang Beda Banget sama Girlgroup Korea Selatan

Comments

Loading...