OUR NETWORK
Rabu, April 21, 2021
OUR NETWORK

Ini Dia Alasan Kenapa Banyak Idol Memproduseri Lagu Mereka Sendiri

Kalian semua pada nyadar gak sih kalau sekarang banyak idol Kpop yang melakukan self producing idol atau memproduseri lagu mereka sendiri? Mulai dari menulis lirik, menggubah aransemen, sampai dengan membuat koreografi sendiri. Tak sampai di situ, gak jarang loh mereka menciptakan lagu untuk penyanyi atau bahkan Idol yang lain, daebak!

Nama-nama seperti G-Dragon, Zico Block B, dan Jinyoung B1A4 bahkan secara spesial disebut oleh sunbae mereka Lee Sang Min (Roora, God of Music) sebagai idol-idol yang jenius dalam memproduseri lagu. Kemampuan dan pendapatan mereka sebagai komposer bahkan sudah setara komposer lain yang sudah lama bekerja di industri musik Kpop.

Fenomena self producing idol atau producer-dol ini menjadi terkenal karena ternyata selain digemari fans, karya-karya mereka laku keras di pasaran. Akhir-akhir ini banyak grup mempromosikan lagu buatan member mereka sendiri alih-alih buatan dari produser terkenal. Tidak hanya grup-grup veteran, tapi rookie-rookie yang baru saja debut juga secara percaya diri memasukan karyanya ke dalam album mereka.

Grup-grup yang baru saja comecback di bulan Oktober seperti Highlight, NU’EST W, BTOB, dan GOT7 semuanya memiliki anggota yang mampu menghasilkan lagu dengan baik, karena itu di album terbaru mereka banyak sekali lagu yang merupakan gubahan para member sendiri. Dan hasilnya??? Semuanya berhasil masuk ke chart musik dan bahkan bersaing di tangga Billboard.

Menurut seorang sumber yang sudah lama bekerja di industri musik Korea, fenomena ini terjadi karena di satu sisi, agensi tempat mereka bernaung bisa menghemat biaya untuk tidak menyewa jasa produser terkenal. Di sisi lain, para Idol juga senang karena mereka bisa menunjukan warna musik mereka sendiri, selain itu mereka juga mendapat royalti yang membuat mereka bisa terus semangat membuat lagu baru.

Sumber lain bahkan menambahkan kalau gara-gara fenomena ini, produser-produser seperti Brave Brothers dan Double Sidekick sempat kehilangan pekerjaan dan beralih untuk memproduseri OST drama saja. Di sana terkadang para produser pun harus bertemu kembali dengan para producer-dol yang bermain dan mengisi OST sendiri, seperti contohnya Jinyoung dalam drama “Moonlight Drawn by Clouds”.

Lebih hebatnya lagi, kemampuan para producer-dol ini tidak dibantu oleh bantuan tim loh. Kalau biasanya seorang produser dibantu oleh tim produksi untuk membuat lagu, para Idol ini kebanyakan bekerja sendiri untuk menghasilkan karyanya. Tidak jarang, kemampuan mereka ini dilirik oleh musisi lain dan akhirnya diajak berkolaborasi maupun diminta untuk membuatkan lagu secara khusus.

Contohnya lagu terkenal “Wine/If I Get Drunk” dari Suran yang merupakan buatan dari Mas Agus atau Suga BTS ini:

Lalu ada juga Junhyung, sang rapper dari Highlight ini sudah memproduseri banyak lagu hits grupnya semenjak masih bernama Beast sampai sekarang:

Atau juga si mungil Woozi, yang bersama member Seventeen lainnya membuat lagu-lagu kece bagi tiga sub-unit Seventeen sampai lagu perpisahan untuk IOI:

Nah itu dia alasan kenapa sekarang banyak yang melakukan self producing idol. Apa pendapat kalian mengenai fenomena ini? Siapa producer-dol dan juga lagu apa yang menjadi favorit kalian?

Baca juga: 14 Idol yang Menciptakan Lagu untuk Grup dan Idol Lain

Comments

Loading...