OUR NETWORK

Ini Dia “Pohon Keluarga” Agensi-agensi Hiburan di Korea

Korea memiliki sejumlah agensi hiburan yang besarnya ternyata melebihi dari apa yang kita bayangkan sebelumnya. Berikut adalah “pohon keluarga” dari 4 agensi hiburan terbesar di Korea!

SM Entertainment

Dimulai dengan SM TOWN, SM Entertainment terus bergabung dengan berbagai perusahaan lain untuk menjadi SM Entertainment mereka saat ini.

Tiga perusahaan publik yang terkait langsung di bawah SM adalah SM C & C (aktor dan penghibur), FNC Add Culture (afiliasi dari FNC Entertainment), dan KEYEAST (agen untuk aktor). Sementara itu, perusahaan yang memiliki kemitraan strategis dengan SM adalah Mystic Entertainment, ESteem dan Galaxia SM. Karena SM mengambil alih FNC Add Culture, FNC Entertainment juga terdaftar sebagai kemitraan strategis.

Speeker adalah perusahaan gabungan antara ESteem dan SM Entertainment, yang mengelola teman artis Lee Si Eon, Kim Chung Jae dari I Live Alone. Afiliasi lain yang tidak ditampilkan di gambar adalah Label SJ, yang merupakan tim eksklusif yang dibuat untuk Super Junior.

YG Entertainment

Afiliasi perwakilan YG Entertainment adalah YG KPLUS, yang diluncurkan pada tahun 2014 sebagai agensi model. Label di bawah YG adalah HIGHGRND yang dipimpin oleh Tablo, The Black Label yang dipimpin oleh Teddy dan label PSY sendiri, PSYG. Selain itu ada YGEX (tidak terdapat dalam gambar), label baru di bawah YG Entertainment yang dipimpin oleh Seungri BIGBANG. YG juga memiliki banyak afiliasi lain di luar bisnis hiburan seperti dalam fashion (NONA9ON), kosmetik (Moonshot), restoran, keuangan, dan merchandise.

Loen Entertainment

LOEN Entertainment adalah perusahaan konten komprehensif yang memegang Melon. Setelah dibeli oleh Kakao, nama mereka diubah menjadi Kakao M. 6 perusahaan di bawah LOEN dikelola sebagai label. Yang terbesar Starship Entertainment mengambil alih King Kong Entertainment dan juga memegang Starship X dan House of Music. LOEN pada dasarnya memperoleh 4 label dengan mengambil alih Starship Entertainment. Label lain di bawah LOEN termasuk Fave Entertainment (label IU), Plan A Entertainment (label Apink), Creker Entertainment (label The Boyz), label indie Mun Hwa yang dikelola Lena Park, dan E & T Story yang merupakan tim manajemen eksklusif untuk Kim So Hyun.

CJ E&M

Meskipun CJ E & M tidak memulai sebagai perusahaan hiburan, mereka masih menjadi salah satu yang terbesar dan semua bisnis yang berkaitan dengan musik di bawah CJ E & M akan segera dinamai Stone Music Entertainment. Selain berbagai labelnya, CJ E & M juga bekerja sama dengan perusahaan produksi Studio Dragon dan JS Pictures.

Jadi begitulah rumitnya “pohon keluarga” dari agensi-agensi hiburan terbesar di Korea sejauh ini. Info yang cukup menarik kan? Kkkkk ~

Baca juga: Ini Dia Musisi, Produser, Dan Agensi Paling Bepengaruh Di Industri Musik Korea Sekarang Menurut Para Ahli!

Comments

Loading...