Sabtu, Januari 29, 2022

Latest Posts

ITZY — Guess Who Album Review: Menetapkan Standar Baru di KPOP

ITZY membuktikan konsep musikalitas mereka tidak sekedar gimmick saja. Guess Who meluncur dalam genre versatile dengan suara Teen Crush nan lantang.

Guess Who menjadi album terbaru dari ITZY yang meluncur di akhir bulan April kemarin. Mini album dengan konsep Teen Crush ini menghadirkan origional sound ITZY. Mulai dari komposisi musik, performa vokal, hingga konsep dan penampilan para member. Tidak berlebihan bila menyebut Guess Who sebagai salah satu album terbaik dari girl group di generasi keempat.

‘Guess Who’ Tracklist:

  1. 마.피.아. (MAFIA) in the Morning
    2. Sorry Not Sorry
    3. Kidding Me
    4. Wild Wild West
    5. Shoot!
    6. Tennis (O:O)

Park Jinyoung masih menjadi produser dari album ini. Sentuhan midasnya berhasil meramu track demi track memiliki suara emas; masing-masing menghadirkan musikalisasi berbeda namun masih sangat kental dengan ciri khas ITZY.

Title track sekaligus lagu pembuka “마.피.아. (MAFIA) in the Morning” terinspirasi dari permainan Mafia, yang menjadi tren di Korea Selatan. Seperti juga permainan ini, “마.피.아. (MAFIA) in the Morning” memberikan kesan misterius dengan suara bold.

Penggunaan  sirine di backbeat menegaskan kesan bold dan berani dalam lagu ini. J.Y Park yang menjadi co-produser dan co-writer pun memberikan kualitas produksi terbaik. Memberikan kesan megah pada musikalisasi di “마.피.아. (MAFIA) in the Morning.” Ryujin dan Yuna bersinar paling terang dengan pesona serta talenta mereka di title track ini.

“Sorry Not Sorry” mengusung vibe sama dengan “마.피.아. (MAFIA) in the Morning.” Track ini memperlihatkan sisi badass dalam musikalitas ITZY. Melodi yang digunakan terdengar catchy dan memiliki suara ala lagu-lagu Barat.

Konsep mafia semakin ditekankan dalam lagu yang terinspirasi dari gangster/mafia/western ini. “Sorry Not Sorry” juga menggunakan sampling ‘La Musica della Mafia: Il Canto di Malavita’ sehingga memiliki kesan mafia paling kental.

Pendengar dibawa masuk ke suara berbeda di “Kidding Me.” Kali ini ITZY terdengar lebih mellow. Terutama bila dibandingkan dengan dua track sebelumnya.

Hanya saja saat lagu memasuki menit ke 1:10, tempo beat meningkatkan dan langsung melesatkan lagu ini ke sisi hardcore. Terlebih dengan dance breat beat yang dipastikan akan menjadi koreografi tarian paling memukau dari ITZY—bila mereka nantinya akan menampilkan “Kidding Me” dalam live performance.

Seperti judulnya, “Wild Wild West” mengusung konsep wild wild west. Bila di track sebelumnya ITZY memperlihatkan berbagai sisi dan bakat musikalitas mereka. Maka di lagu ini mereka justru memutuskan bersenang-senang.

ITZY memastikan musik mereka versatile dengan menyertakan track auto-tuned, “SHOOT!” Auto tune di lagu ini diaransemen dengan tepat hingga tidak terdengar berlebihan. Bahkan sepertinya, “SHOOT!” tidak akan sempurna tanpa balutan auto tune yang menyertai.

Genre dan suara berbeda di lagu ini membuktikan ITZY tidak bisa dikotakkan dalam satu atau beberapa genre musik saja.

Sesuatu yang baru juga dibawa ITZY dalam “TENNIS (0:0).” Girl group ternama besutan JYP Entertainment ini menutup album ‘Guess Who’ dengan irama akustik yang lembut.

Lagu ini menarasikan tentang cinta dan persahabatan. Lengkap dengan rasa berdebar penasaran hingga tarik ulur dalam percintaan. Angka 0.0 di judul lagu melambangkan cinta, yang memang pas dengan tema lagu ini.

‘Guess Who’ hadir tidak saja memperlihatkan berbagai sisi ITZY. Termasuk membuktikan musik mereka sangat versatile. Album ini pun menentukan standar baru di KPOP; terutama untuk keterkaitan antara konsep dan musikalitas.

Latest Posts

Don't Miss