OUR NETWORK
Minggu, Maret 24, 2019
OUR NETWORK

Jadi Skandal Terpanas di Korea Selatan Saat Ini, Ada Apa dengan SOPA?

Seoul Performance Art High School (SOPA) beberapa waktu belakangan ini menghadapi skandal skandal besar-besaran ketika mantan siswa dan lulusannya angkat bicara untuk menentang korupsi manajemen dan degradasi siswa. Skandal ini pun menjadi skandal berskala nasional karena seperti yang kita tahu, SOPA adalah salah satu SMA seni elit di Korea Selatan, yang mana jadi tempat sekolah sejumlah idol-idol Kpop populer.

Baca juga: Idol-Idol Kpop Yang Lulus Dari School Of Performing Arts Seoul (SOPA) Tahun 2019

Para mantan siswa SOPA membuat video pertunjukan untuk menggambarkan beberapa ketidakadilan yang mereka hadapi selama sekolah di sana. Video yang disatukan ini memperjelas nasib para siswa yang hanya menginginkan pendidikan yang adil. Secara bersamaan, banyak siswa dipaksa untuk melakukan pertunjukan “seksi” untuk individu pribadi sambil berpakaian minim di “pesta pribadi” sang kepala sekolah. Mereka juga dipaksa untuk melakukan banyak skinship dengan individu lain, termasuk dengan para tentara!

Menurut para siswa, ketika mereka mencoba mengungkap ketidakadilan ini melalui media sosial, kepala sekolah dan pihak-pihak terkait mengancam akan menuntut mereka karena pencemaran nama baik. Inilah yang mendorong para siswa untuk membuat video tersebut walau mereka tahu bahwa itu dapat menyebabkan masalah hukum bagi mereka.

Kisah ini mulai diliput oleh media di Korea Selatan, namun kepala sekolah dan istrinya yang merupakan pelaku utama telah menolak permintaan wawancara dari pers. Bukti untuk klaim ini tidak konkret tapi banyak yang mempertanyakan mengapa siswa berani mengambil risiko hukum dan berpotensi merusak karir masa depan mereka jika mereka berbohong. Ada juga petisi kepada pemerintah agar bisa membuat sang kepala sekolah untuk mengundurkan diri.

Tonton videonya di bawah ini!

Sumber: (1)

Comments

Loading...