Rabu, Juli 6, 2022
Geomedia - JFK 2022

Latest Posts

Karena Popularitasnya, Drama “A Business Proposal” Berhasil Membawa Kesuksesan Untuk 3 Perusahaan Ini

Drama ‘A Business Proposal’ telah menerima respon yang sangat positif dalam waktu singkat tidak hanya di Korea tapi juga di luar negeri. Secara khusus, Netflix, Kakao, dan Cross Pictures, yang berpartisipasi dalam produksi dan layanan streaming ‘A Business Proposal’ pun merayakan kesuksesan mereka.

‘A Business Proposal’, yang telah mendapatkan banyak penggemar melalui serialisasi webtoon dan novel web, juga sukses sebagai drama live-action dan sedang dievaluasi sebagai kasus sukses ‘kekayaan intelektual super (IP).’

Netflix

Netflix, platform layanan video online (OTT) global, telah menyiarkan drama tersebut ke seluruh dunia sejak tanggal 28 bulan lalu. Dengan sepuluh episode terungkap, drama ini telah mengumpulkan banyak kesuksesan.

Menurut laporan 31 Maret oleh FlixPatrol, situs pemeringkatan global, ‘A Business Proposal’ menyapu tempat teratas di 21 negara pada tanggal 24 Maret. Drama ini juga menduduki peringkat pertama kategori drama non-Inggris selama 3 dan 4 minggu berturut-turut di bulan Maret di situs resmi ‘Netflix Top 10’, yang mengungkap acara terpopuler Netflix secara real-time.

Kakao

Kakao Entertainment juga menikmati manfaat popularitas yang diperoleh melalui rilisan global melalui Netflix. Ini karena penggemar luar negeri berbondong-bondong ke webtoon Kakao dan platform web novel Kakao Page untuk membaca webtoon dan web novel aslinya.

Menurut Kakao Entertainment, serialisasi webtoon ‘A Business Proposal’ telah selesai, tapi platform telah memutuskan untuk merilis serial tersebut agar para penggemar dapat membacanya kembali selama penayangan drama. Di Thailand, jumlah penayangan melonjak sepuluh kali lipat dibandingkan sebelum tayang, dan 13 kali di Indonesia dan Taiwan, menjadikannya webtoon nomor satu yang paling banyak dibaca.

Di Jepang, penjualan Piccoma, sebuah perusahaan layanan webtoon dan web novel yang dioperasikan oleh Kakao Japan, meningkat dua kali lipat setelah drama tersebut ditayangkan.

Kakao Entertainment, yang sebelumnya telah menemukan dan menginvestasikan ‘A Business Proposal’ sebagai IP global, menjelaskan bahwa spesialisnya sendiri telah mengamankan fandom global melalui pekerjaan penerjemahan dan pelokalan yang disesuaikan dengan sentimen masing-masing negara.

Cross Pictures

Cross Pictures yang ikut serta dalam produksi drama kali ini juga mendapat sorotan. Cross Pictures adalah perusahaan produksi drama di mana Kakao Page menginvestasikan 5,8 miliar KRW pada tahun 2020 untuk mengakuisisi 49% saham. Berdasarkan pengetahuan produksi Cross Pictures, Kakao Page membuat investasi ambisius untuk membuat IP-nya sendiri menjadi sebuah drama.

Dinilai bahwa efek sinergi Kakao dan Cross Pictures menunjukkan efek positif dari kolaborasi kedua perusahaan untuk menghasilkan drama ‘A Business Proposal,’ yang dirilis setelah satu tahun enam bulan kedua perusahaan bekerja sama.

Sumber: (1)

Latest Posts

Don't Miss