Tanggal 10 Oktober diperingati sebagai hari kesehatan mental sedunia oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pada hari tersebut kita diingatkan untuk meningkatkan kesadaran seputar kesehatan mental dan juga mendukung agar setiap orang memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Kondisi kesehatan mental seperti depresi, kegelisahan, perubahan suasana hati, dan stress seringkali dijadikan isu sepele saat ini, padahal dengan kehidupan sekarang yang serba cepat dan penuh tekanan, masalah-masalah tersebut bisa menjadi sangat serius, karena bisa jadi mengarah pada kepada kehancuran kehidupan sosial dan pribadi kita. Menurut WHO, secara global lebih dari 300 juta orang menderita depresi, serta lebih dari 260 juta orang hidup dengan gangguan kecemasan dan kebanyakan hidup dengan kedua kondisi tersebut.

Nah, beberapa musisi Korea Selatan yang Mimin temukan di bawah ini ternyata mampu menangkap pentingnya isu penting tersebut dan mengubahnya menjadi sebuah lagu. Beberapa lagu bahkan menjadi representasi masalah pribadi mereka sendiri loh. Kerasnya industri hiburan di Korea diakui membuat para pelakunya harus bisa berjuang menghadapi masalah seperti stress, depresi, dan juga gangguan mental lain. Lagu-lagu berikut ini bisa dibilang menjadi pengingat dan juga pengobat jiwa bagi mereka dan orang lain yang mendengarkannya.

Penasaran siapa mereka dan apa aja lagunya? Yuk kita cek sama-sama

Agust D (Suga BTS) – “The Last”

SAN E – “Counselor”

Heize ft. Nafla – “Dark Clouds”

Epik High – “Over”

Luna F(X) – “Breathe”

Bobby iKON – “Runaway”

Lee Hi – “Breathe”

Bang Yongguk BAP – “AM 4:44”

Jung Joon Young – “Hold On”

Dynamic Duo ft. Chen EXO – “Nosedive”

Ha:tfelt (Yeeun eks-Wonder Girls) ft. Hyerim eks-Wonder Girls – “Iron Girl”

2NE1 – “Ugly”

BAP – “Wake Me Up”

Rap Monster BTS – “Always”

MFBTY – “Beautiful Life”

Seventeen Hiphop Unit – “Trauma”

Bigbang – “Loser”

Nell – “Separation Anxiety”

Horan Clazziquai – “She’s Alright”

Jonghyun SHINee – “Let Me Out”


Nah itu dia lagu-lagu Kpop yang mengangkat isu isu kesehatan mental. Gimana, keren-keren kan? Lagu kpop apa yang kalian tahu mengangkat isu yang sama juga? Jangan lupa komen di bawah ya.

Loading...