Minggu, Mei 22, 2022

Latest Posts

Netizen Kritik “Music Bank” Karena Lim Young Woong Tidak Juara Pertama Walau Albumnya Terjual 1 Juta Copy dan Puncaki Chart Streaming Mingguan GAON

Sistem penilaian “tidak adil” dari ‘Music Bank’ KBS2 menghadapi reaksi keras dari netizen, setelah siaran terbaru program tersebut pada 13 Mei kemarin.

Pada hari ini, nominasi juara pertama untuk ‘Music Bank’ adalah penyanyi trot Lim Young Woong dengan “If We Ever Meet Again” dan LE SSERAFIM dengan “FEARLESS”.

Menurut penilaian yang ditunjukkan di atas, Lim Young Woong memperoleh total 7.035 poin untuk minggu 13 Mei, dengan 1.148 poin dalam skor streaming digital, 0 poin dalam penampilan siaran TV, 0 poin dalam skor preferensi pemirsa, 5.882 poin dalam penjualan album, dan 2 poin dalam skor media sosial. Di sisi lain, LE SSERAFIM memperoleh total 7.881 poin, dengan 544 poin streaming digital, 5.348 poin penampilan siaran TV, 0 poin preferensi pemirsa, 1.955 poin untuk penjualan album, dan 34 poin media sosial.

Segera setelah pemenang ‘Music Bank’ diumumkan, banyak penonton yang dibuat bingung. Apa “skor penampilan siaran TV” ini, yang bahkan Lim Young Woong, yang menjual lebih dari 1 juta album fisik dalam penjualan minggu pertama, dan yang juga menempati peringkat #1 di chart streaming digital mingguan Gaon chart untuk minggu tanggal 7 Mei, tidak bisa memenangkan posisi pertama?

Dan bagaimana tepatnya LE SSERAFIM mendapatkan 5.348 “poin penampilan siaran TV”?

Meskipun ‘Music Bank’ secara gamblang menggambarkan kriteria “skor penampilan siaran TV” sebagai “penampilan atau drama di program TV atau radio”, pada kenyataannya, diyakini bahwa cara paling efektif untuk memenuhi kriteria ini adalah dengan tampil sebagai bintang tamu di acara TV, acara digital (seperti konten YouTube), atau program radio yang terafiliasi dengan KBS. Dalam kasus LE SSERAFIM, girl group tersebut mendapatkan poin mereka dengan tampil di ‘Music Bank’ seminggu sebelumnya, serta tampil di konten YouTube KBS ‘Idol Human Theater’ dan ‘Lee Mu Jin Service’. Sehingga Lim Young Woong, yang tidak muncul di salah satu program tersebut dan yang mengadakan panggung comeback di ‘Music Bank’ minggu ini, memperoleh 0 poin untuk kategori yang sama.

Jadi, bagaimana biasanya artis dijadwalkan untuk tampil di program-program seperti itu?

Artis muncul di sebagian besar program promosi melalui pertemuan dan komunikasi antara perwakilan agensi mereka dan PD stasiun penyiaran. Dengan demikian, kategori unik yang dikenal sebagai “skor penampilan siaran TV” di ‘Music Bank’ ini bukanlah sesuatu yang dapat dipengaruhi oleh para fans atau konsumen.

Sekarang, banyak netizen yang mengecam ‘Music Bank’ karena metodenya yang “tidak adil”, dengan berkomentar:

  • “Jadi ‘Music Bank’ memberikan trofi #1 kepada perusahaan mana pun yang paling mereka sukai.”
  • “Gadis-gadis itu pasti sangat malu, mendapatkan piala #1 itu ketika Lim Young Woong berdiri di sana.”
  • “Bahkan dengan skor ‘penampilan siaran TV’ acak itu, skor streaming digital Lim Young Woong sangat rendah. Mengapa peringkat #1 di chart streaming mingguan hanya memberimu poin sebanyak itu??”
  • “Bukan grup itu yang mengalahkan Lim Young Woong… Tapi HYBE.”
  • “Untuk menerima piala itu kekekekeke. Betapa tidak tahu malunya kalian.”
  • “Wow. Ini secara harfiah artinya menjadi ‘sendok emas’.”
  • “Sangat jelas bahkan untuk orang-orang yang bukan fans salah satu artis, skor ini hanya konyol.”
  • “Singkirkan skor ‘penampilan siaran TV’ itu dan grup itu tidak punya apa-apa.”
  • “Aku merasa sangat kasihan pada Lim Young Woong.”
  • “Jadi, jika kamu memenangkan trofi acara musik tanpa peringkat #1 di tangga lagu atau menjual banyak album, apakah kamu bahkan dianggap sebagai penyanyi??”
  • “‘Music Bank’ benar-benar memilih artis yang salah kali ini. Lim Young Woong memiliki begitu banyak fans di setiap kelompok umur… Benar-benar acara yang dicurangi.

Apa pendapatmu tentang masalah ini?

Sumber: (1)

Latest Posts

Don't Miss