asd
Sabtu, Juli 20, 2024

Latest Posts

Netizen Mengkritik Soyeon (G)I-DLE Karena Merilis Versi Karaoke dari Lagu yang Sebelumnya Dituding Sebagai Plagiarisme

Beberapa netizen mengkritik Soyeon (G)I-DLE karena terus mengklaim royalti atas lagu yang sebelumnya menghadapi tuduhan plagiarisme.

Pada 10 Desember, terungkap bahwa lagu “SUN”, yang dinyanyikan oleh kontestan Kim Ri Won, Kim Seon You, Kim Yoon Seo, Kim Hyun Hee, Lee Mi Hee, Lee Young Chae, dan Won Ji Min dari MBC ‘My Teenage Girl’, baru saja dirilis sebagai versi karaoke untuk semua perangkat karaoke TJ Media.

“SUN”, diproduksi oleh POP TIME dan Soyeon dengan lirik yang ditulis oleh Soyeon, sebelumnya menghadapi tuduhan plagiarisme setelah beberapa pendengar menunjukkan bahwa baris melodi dari bagian refrein sangat mirip dengan lagu “Wave” milik ATEEZ. Menanggapi kontroversi tersebut, Soyeon secara pribadi meminta maaf dan mengakui kesamaan melodi, dengan agensinya Cube Entertainment juga merilis permintaan maaf.

Terlepas dari kontroversi dan permintaan maaf berikutnya, lagu tersebut telah dirilis sebagai versi karaoke beberapa bulan setelah rilisan awal, yang membuat beberapa orang percaya bahwa sang komposer secara diam-diam berusaha untuk mengklaim royalti tambahan untuk penggunaannya.

Beberapa netizen juga dengan marah mengatakan, “(G)I-DLE berpromosi pada waktu yang sama dengan ATEEZ ketika ‘Wave’ dirilis, dan mereka bahkan berkompetisi untuk posisi pertama di acara musik pada saat itu, jadi tidak mungkin dia tidak tahu seperti apa lagu itu.”

Beberapa netizen meninggalkan komentar seperti:

  • “Inilah mengapa aku tidak mendengarkan lagu-lagu grupnya”
  • “Aku tidak mengerti bagaimana dia mengangkat kepalanya dan memasarkan dirinya sebagai ‘komposer jenius’ ketika dia secara terbuka menjiplak sesuatu dan meminta maaf atas kesalahannya itu.”
  • “Inilah mengapa dia tidak akan pernah mendapatkan ‘Daesang'”
  • “Sejak kapan definisi ‘genius’ adalah seseorang yang menjiplak?”
  • “Aku tidak sabar menunggu hari ketika ini menjadi bumerang baginya dan beberapa bintang muda baru menjiplak karyanya dan mengambil pujian untuk itu”
  • “Dia pasti tidak malu dengan perbuatan kotornya”
  • “Wow, ini pertama kalinya aku mendengar tentang ini…”

Sumber: (1)

Latest Posts

Don't Miss