Minggu, Juli 3, 2022
Geomedia - JFK 2022

Latest Posts

Penulis Berbakat di Dinasti Joseon dalam Film Heung-boo: The Revolutionist

Setiap zaman akan memiliki beberapa penulis yang berbakat. Apa yang ditulis dan dijadikan karya akan berdempetan dengan isu social danpolitik yang terjadi pada masanya. Hal ini juga berlaku saat Dinasti Joseon Berjaya seperti yang diceritakan di film yang berjudul Heung-boo: The Revolutionist ini.

Film Heung-boo: The Revolutionist yang tayang pada Februari 2018 ini adalah interpretasi dari sebuah cerita lawas yang berjudul Heungbu dan Nolbu. Dalam durasi 105 menit, kamu jadi tahu tipikal tulisan apa yang sempat viral di masa itu.

Jung Woo sebagai Yeon Heung Boo

foto via hancinema.net

Kim Ju Hyeok sebagai Jo Hyuk

foto via hancinema.net

Jung Hae In sebagai Raja Heonjong

foto via hancinema.net

Sempat berada di puncak kejayaan, di masa pemerintahan Raja Heonjong juga banyak rakyat yang miskin dan kelaparan. Di masa sulit ini, tiba-tiba ada seorang penulis bernama Yeon Heung Boo yang menyebarkan karyanya yang mengandung konten dewasa. Tak disangka, karyanya ini disukai oleh banyak pejabat dan rakyat.

foto via hancinema.net

Ada satu motivasi yang membuat Heung Boo semangat untuk menulis. Dia ingin terkenal dan bertemu dengan kakaknya. Untuk mengembangkan ide, dia tidak sengaja bertemu dengan Jo Hyuk. Pria bangsawan yang selalu tampil lusuh ini adalah salah satu pegiat seni yang cukup aktif di Joseon saat itu.

foto via hancinema.net

Sering menghabiskan waktu bersama Jo Hyuk, Heung Boo mengubah aliran tulisannya. Dari yang dewasa berubah jadi mengritik politik di istana. Dia juga menciptakan naskah untuk pertunjukan satir yang beberapa kali dipentaskan di dalam istana.

foto via hancinema.net

Di saat yang bersamaan, ada banyak pejabat istana yang ingin memanfaatkan Heung Boo. Mereka memintanya menulis kitab yang berisi tentang hoaks untuk menyudutkan Raja Heonjong supaya turun tahta. Tergiur dengan uang yang ditawarkan, Heung Boo pun menerima tawaran tersebut dan menulis beberapa lembar informasi palsu.

foto via hancinema.net

Dia tidak menyangka bahwa tulisan yang dibuat untuk memenuhi permintaan pejabat ini akan membawa petaka di kemudian hari. Raja Heonjong yang terpuruk memohon bantuan rakyat untuk menemukan pejabat yang menyesatkan ini. Heung Boo tidak bisa diam dan membocorkan nama pejabat yang mengutusnya.

foto via hancinema.net

Raja Heonjong pun bisa tetap duduk di tahtanya dan mencari cara untuk menyejahterakan rakyatnya. Lalu, bagaimana dengan kabar Jo Hyuk yang sudah menjadi mentor dari Heung Boo? Apakah pada akhirnya Heung Boo bisa bertemu dengan kakaknya yang dicari selama ini?

Latest Posts

Don't Miss