Rabu, Januari 26, 2022

Latest Posts

Rapper Tiger JK Bocorkan Tentang Teknik Mengejutkan yang Digunakan Dalam Manipulasi Chart Digital

Rapper senior Tiger JK membagikan pendapatnya tentang sajaegi (manipulasi chart digital) dan mengungkapkan beberapa tawaran mengejutkan yang ia terima di masa lalu.

Pada tanggal 4 Januari, program jurnalisme investigasi SBS “Unanswered Questions” menayangkan episode penuh tentang kontroversi sajaegi.

Salah satu orang dalam dari industry hiburan yang diwawancarai dalam episode ini salah satunya adalah rapper Tiger JK. “Menurutku sajaegi itu terjadi,” katanya. “Kami telah secara konsisten menerima penawaran sejak dulu sehingga [keberadaannya] itu tidak mengejutkan bagi kami.”

“Tawaran yang kami dengar benar-benar mengejutkan,” ia melanjutkan. “Mereka memberi tahu kami bahwa jika kami bekerja sama dengan mereka, kami tidak akan pernah ketahuan. Mereka memberi tahu kami bahwa mereka bisa menjadikan kami No. 1 (di tangga lagu.”

Berbicara secara terperinci tentang berbagai jenis teknik manipulasi chart digital, Tiger JK mengatakan, “Jenis ‘mendorong keluar’ sajaegi adalah yang paling mengejutkan. Ini merupakan upaya untuk melemahkan hasil streaming penyanyi saingan Anda. Ketika penyanyi saingan Anda merilis single, mereka menaikkan [streaming] untuk tiga lagu lainnya pada hari itu untuk menurunkan peringkat lagu dari penyanyi saingan Anda.”

Dia melanjutkan, “Satu-satunya hal yang dapat saya lakukan adalah mengungkapkannya melalui musik saya.”

Tiger JK kemudian membicarakan lagunya yang dirilis tahun 2015 lalu berjudul “I Know,” di mana ia dengan cerdik menggunakan frase “-gayo,” yang bisa berarti “Is it?” atau “musik pop” tergantung pada konteks dalam bahasa Korea, dalam liriknya.

Dia menjelaskan, “Saya langsung mengatakannya di chorus. Harga [dari sajaegi] pada saat itu adalah 100 juta won [sekitar $ 85.767].”

Sumber: (1)

Latest Posts

Don't Miss