asd
Kamis, Juli 18, 2024

Latest Posts

Review Album Debut AB6IX – ‘B:Complete’

Album debut AB6IX menarik banyak perhatian. Tak hanya karena menjadi salah satu boy group yang dibentuk dari “bubaran” project group Wanna One. Namun para member di boy group ini sudah memiliki fanbase sendiri sejak bergabung sebagai kontestan di Produce 101 Season 2.

Setelah Wanna One resmi bubar pada awal tahun ini, dua orang membernya Park Woojin dan Lee Daehwi sudah digadang-gadang akan debut dengan boy group baru. Benar saja. Agensi Brand New Music memasangkan mereka dengan 2 orang member MXM, Kim Dong Hyun dan Lim Young Min. Ditambah dengan member baru Jeong Woong, mereka pun merilis album debut AB6IX, ‘B:Complete’.

Track list ‘B:Complete’

  1. ABSOLUTE
  2. SHINING STARS
  3. BREATHE
  4. FRIEND ZONE
  5. LIGHT ME UP
  6. DANCE FOR TWO
  7. HOLLYWOOD

Agensi Brand New Music sendiri, di Korea Selatan dikenal dengan sederet musisi dan rapper hip hop. Tak heran bila sebelum album debut AB6IX ‘B:Complete’ dirilis, banyak yang mengira Lee Daehwi dkk akan merilis di genre yang sama. Namun dugaan tersebut salah. Debut mini album ‘B:Complete’ ini justru condong pada genre EDM dan tropical house music.

“ABSOLUTE” menjadi track pembuka yang sukses menarik perhatian para pendengar. Dentuman musik tekno dengan powerful rap dari Park Woojin cukup menunjukan arah dari album ini sendiri. Intro yang sepertinya menjadi standar baru untuk musik rap di generasi ketiga KPOP.

Bila “ABSOLUTE” seakan menggunakan prinsip go hard or go home, maka “SHINING STARS” justru “menjatuhkan” mood dengan soft tune pop yang diusung.

‘ll Be Your Shining Stars
Um We Are Shining Stars

Track satu ini cukup manis. Mulai dari lirik, komposisi musik, sampai vokal dari Lee Daehwi. Lagu yang sepertinya pas didengarkan saat mengendarai mobil di sebuah musim panas yang cerah.

Break It Down
Where Am I Need
Some Breath In Here
I Wanna Breathe
Just Set Me Free

“BREATHE” dipilih sebagai title track untuk album ini. Sebenarnya di album debut AB6IX ini terdapat beberapa track yang sangat layak menjadi title. Walau pada akhirnya mereka menjatuhkan pilihan pada “BREATHE”.

Mengusung musik dengan sentuhan tropical house dan juga tekno, “BREATHE” memiliki porsi yang pas antara rap dan vokal. Track yang cukup solid sebagai debut hits.

Track berikutnya, “FRIEND ZONE” merupakan lagu lain yang akan sangat pas sebagai title track.

Got Me In The In The In The
Friend Zone
Want You In My In My In My
Love Zone

Dimulai dengan intro yang nyaris sama dengan “BREATHE”, track ini memiliki tempo sedikit lebih cepat serta porsi vocal lebih banyak. Mood yang dibangun untuk lagu ini pun lebih playful dengan sentuhan kekuatan yang tak berlebihan.

“LIGHT ME UP” merupakan tradisional track yang sepertinya banyak ditemukan di album lain di KPOP. Tak terlalu spesial, walau tentu tak layak di-skip dari album debut AB6IX. Sedangkan “DANCE FOR TWO” merupakan lagu ballad romantis.

Meski memiliki sentuhan rap yang cukup fierce, “DANCE FOR TWO” tetap menjadi salah satu track paling menarik. Vokal dari Lee Daehwi dan Kim Dong Hyun benar-benar menunjukan harmoninasi sempurna di satu ini.

Track berikutnya, “HOLLYWOOD” mengusung genre yang lebih condong pada retro club-banger. Semua elemen hip hop dan tekno ada di track satu ini. Track ini dibawakan pertama kali saat quartet Park Woojin, Lee Daehwi, Kim Dong Hyun, dan Lim Young Min tampil di Produce 101 Season 2.

Secara keseluruhan, 7 track dalam album debut AB6IX ini cukup menjadi penanda debut yang solid.

Latest Posts

Don't Miss