OUR NETWORK
Senin, Maret 8, 2021
OUR NETWORK

Review Debut Album Baekhyun – ‘City Lights’

Vokalis sekaligus salah satu member paling populer dari EXO ini akhirnya resmi debut sebagai soloist. Debut album Baekhyun, ‘City Lights’, yang sudah lama ditunggu-tunggu penggemar pun sama sekali tak mengecewakan. Baik dari segi rekor yang berhasil dipecahkan, sampai kualitas yang disajikan.

Setelah resmi merilis debut album solonya, Baekhyun menjadi member ketiga di EXO yang menjajal jalur sebagai soloist. Sebelumnya sudah ada Lay dan Chen, yang merilis album solonya pada awal tahun ini. Menariknya 3 soloist dari EXO ini masing-masing mengusung genre berbeda. Lay, condong pada musik dance sedangkan Chen dengan irama ballad yang kental. Debut album Baekhyun, ‘City Lights’ tanpa terduga justru mengangkat genre R’nB.

Tracklist debut album Baekhyun ‘City Lights’

  1. UN Village *Title
  2. Stay Up (Feat. Beenzino)
  3. Betcha
  4. Ice Queen
  5. Diamond
  6. Psycho (Bonus Track)

‘City Lights’, debut album Baekhyun dari EXO digarap oleh sederet produser ternama. Mulai dari ChaCha Malone, DEEZ, sampai Kenzie. Nama-nama para produser ini pun sudah tak asing lagi dengan hits hip hop serta R’nB mereka. Dan memang, sejak track pertama “UN Village”, yang merupakan title track, aroma musik R’nB sudah tak terhindarkan.

“UN Village” dibuka dengan medium tempo beats yang mengarahkan pendengar pada cerita Baekhyun tentang Hannam-dong, sebuah daerah elite dan kaya di Seoul. Vokal dari Baekhyun menghadirkan sexy sekaligus romantis groove, yang mungkin lagi-lagi tak terduga.

Para penggemar musik R’nB, terutama dari Korea Selatan sebenarnya tak asing dengan genre yang diangkat Baekhyun di track ini. Beberapa elemen dari title track ini memang mengingatkan pada penyanyi ternama dari hip hop dan R’nB scene di Korea Selatan seperti Dean, salah satunya. Tentu, ini bukan hal yang buruk.

Hannam-dong UN Village hill
Looking at the moon from this hill
You and me, mm, yeah
UN Village hill
Side by side looking at the moon
You and me relax and chilling, ay, yeah

Lirik dari tltle track ini memang menunjukan tema sesuai dengan beat yang dihadirkan: seksi dan romantis.

Bila “UN Village” masih dirasa kurang seksi dan mengena, maka “Stay Up” took the cake. Dibawakan bersama rapper Benzino dan merupakan track yang diproduseri ChaCha Malone, “Stay Up” memiliki lirik yang seksi dan juga beat yang lebih menggoda lagi. Serta tentunya suara dan vokalisasi dari Baekhyun yang memiliki elemen seksi tersendiri.

Setelah dua track sebelumnya kaya akan elemen dan unsur R’nB, “Betcha” lebih kaya akan tropical beat. Track satu ini bisa dikatakan yang paling catchy dan up beat di debut album Baekhyun ‘City Lights’ ini. Beat dari track ini saja rasanya sudah cukup untuk membuatnya diputar berkali-kali.

“Ice Queen” mengembalikan mood yang meningkat dari “Betcha”. Track ini sama meluncur lembut dengan 2 track pertama, namun kali ini dengan sentuhan vokalisasi dari Baekhyun yang justru menghadirkan kehangatan.

Track berikutnya di album ini, “Diamond” bukan hanya mengusung genre R’nB, namun juga kaya akan unsur jazz sampai sentuhan modern dari pop. Seperti juga di track lain, vokal dari Baekhyun benar-benar bersinar dan menjadi daya tarik utama.

Dari keseluruhan album, “Psycho” menjadi salah satu yang paling menarik. Mulai dari suspense dan ketegangan yang dihadirkan di awal, dentingan beat, sampai vokal dari Baekhyun yang meningkat dari waktu ke waktu. Spesial track ini pun menjadi salah satu yang bisa dikatakan sebagai b-side terbaik.

Secara keseluruhan, debut album Baekhyun kali ini sangat solid. Layak dan sebanding dengan rekor yang berhasil dipecahkan.

Comments

Loading...