OUR NETWORK
Jumat, Desember 6, 2019
OUR NETWORK

Review Debut “SuperM: The 1st Mini Album” dari ‘Avengers of KPOP’

‘Avengers of KPOP’ hadir menjadi julukan untuk boy group terbaru dari SM Entertainment. SuperM merupakan boy group dengan 7 orang member yang berasal dari 3 group berbeda. Pada 4 Oktober kemarin, project group ini debut dengan “SuperM: The 1st Mini Album”.

Tracklist “SuperM: The 1st Mini Album”:

  1. Jopping *Title
  2. I Can’t Stand the Rain
  3. 2 Fast
  4. Super Car
  5. No Manners
  6. Jopping (Instrumental)
  7. I Can’t Stand the Rain (Instrumental)

Debut dengan merilis “SuperM: The 1st Mini Album”, boy group dengan member berasal dari EXO, NCT, dan SHINee ini langsung debut di peringkat pertama Billboard 200. Bukan pencapaian yang main-main karena SuperM menjadi group KPOP pertama dengan album debut yang berada di posisi teratas tangga lagu tersebut.

Konsep project group SuperM sendiri sebenarnya bukan hal baru untuk SM Entertainment. Agensi hiburan ini sebelumnya pernah memiliki SM The Ballad yang menonjolkan kualitas para vokalis di SM Town. Selain itu juga ada project group SM The Performance yang berfokus pada dance.

SuperM, yang terdiri dari ‘Shinee’ Taemin, ‘Exo’ Baekhyun dan Kai, serta ‘NCT’ Lucas, Mark, Taeyong, dan Ten fokus pada membawa KPOP, terutama musik dari SM Entertainment ke pasar Amerika Serikat lebih luas.

“SuperM: The 1st Mini Album” dibuka dengan title track “Jopping”. Track ini memang sangat sesuai dengan ‘konsep’ SM Entertainment untuk membawa genre musik SMP (SM Music Performance) ke pasar lebih luas. “Jopping” mengingatkan pada track-track hits dari agensi tersebut. Mulai dari bass, catchy lirik, sampai vokal dengan kualitas terbaik.

I don’t even care,
we will burn on this stage.
Left to the right, we’re gon’ make it, make it bang.
Put your hands in the air, let me see you bounce.

“Jopping” akan menjadi track yang memuaskan para pendengar KPOP jaman dulu. Mereka yang terbiasa dengan sisi “berisik” genre ini. Untuk penggemar baru, “Jopping” mungkin akan terdengar terlalu pasaran.

“2 Fast” memiliki produksi yang lebih mellow dibandingkan dengan title track. Meskipun tetap memegang tempo up beat yang kurang lebih sama. Bila harus memilih, “2 Fast” akan lebih tepat menjadi track utama di album debut SuperM ini.

Comments

Loading...